Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Ida Pedanda Putra Beluwangan Kunjungi Monumen Perjuangan Bangsal

 

Badung,Intelmediabali.id - Salah satu peristiwa penting dalam perang Kemerdekaan Republik Indonesia di Bali yakni gerakan bawah tanah pada 16 Agustus 1945. Namun ada peristiwa yang tak kalah penting dari itu yakni bersuanya belasan Pendeta (Pedanda) seluruh Bali pada 15 Agustus 1945 di Ruang Suci Monumen Perjuangan Bangsal. Satu-satunya tokoh wanita yang hadir saat itu adalah Ida Pedanda Istri Mas.


Berdoa tafakur dalam keheningan nurani. Konsientisasi ditengah deraan kegetiran, kekejaman penjajah, doa tulus disenandungkan. Doa bagi pimpinan pejuang untuk melaksanakan langkah terbaik menjelang puncak pertemuan gerakan bawah tanah keesokan harinya (16 Agustus 1945) demi kemerdekaan Republik Indonesia. Suasana mencekam menjelang kemerdekaan, tidak menyurutkan langkah para pendeta (pedanda) memberikan dukungan moril

Pada kesempatan tersebut, Ida Pedanda Putra Beluwangan sebagai generasi penerus Ida Pedanda Istri Mas dari Geriya Gede Delod Peken, Sanur, Denpasar didampingi Dr. Ida Bagus Gde Suparyatha, SpAK yang juga Ketua Departemen / KSM Ilmu Kesehatan Anak FK UNUD -RSUP Sanglah Denpasar menyampaikan dokumen keluarga kepada Ketua Umum Monumen Perjuangan Bangsal, Dr Bagus Ngurah Pt Arhana Sp.A (K).yang didampingi Wakil Ketua Monumen Resimen Mahasiswa Ugrasena-MRMU Bali Mumtazah M, S.Ked  di Ruang Suci MPB. (21/2)

Sebelum Ke Ruang Suci, Ida Pedanda Putra Beluwangan beserta Istri mengunjungi Pura Puncak dan Pasraman Puri Puncak Bangsal -PPPB melihat Koleksi tanaman Langka Koleksi Keluarga Besar PPPB. dan Kantor Pusat At News di Ruang Merdeka Lt 2 MPB.

Persahabatan-persaudaraan dalam mengenang sejarah perjuangan perang kemerdekaan Republik Indonesia, dimaknai sebagai kewajiban generasi penerus menjaga bersama nilai-nilai kebangsaan yang tidak boleh lekang oleh waktu. (WM)

Posting Komentar

0 Komentar