Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tambah Kekuatan, Dua Kapal Angkut Tank Masuk Jajaran TNI AL

Rabu, 27 Oktober 2021 | Oktober 27, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-27T11:28:59Z






Jakarta,Intelmediabali.id -TNI Angkatan Laut kembali menambah kekuatan armada tempurnya dengan ditandai diresmikannya  dua kapal angkut tank yaitu KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527 oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bertempat di Galangan Kapal PT. Bandar Abadi, Batam. Selasa, (26/10).

Peresmian kedua kapal tersebut dilaksanakan sesaat setelah diserahterimakan secara simbolis dari Kementerian Pertahanan oleh Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto kepada kepada TNI Angkatan Laut yang diterima oleh Kasal. Penyerahan kedua kapal Angkut Tank (AT) yang digarap oleh PT. Bandar Abadi tersebut mendahului dari jadwal semula, dimana pembangunan direncanakan berlangsung selama 30 (tiga puluh) bulan sejak 13 September 2019 hingga 12 Maret 2022, namun pada tanggal 26 Oktober 2021 sudah selesai.

Kasal Laksamana Yudo dalam sambutannya mengatakan bahwa tugas utama dari KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527 yang merupakan kapal AT ke-8 dan ke-9 yang dimiliki TNI Angkatan Laut ini adalah untuk mendukung pergeseran material dan pasukan, termasuk logistik didalamnya. Hal ini merupakan perwujudan dari perencanaan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut, sekaligus modernisasi alutsista dalam rangka peningkatan kemampuan TNI Angkatan Laut menuju kekuatan yang siap dioperasikan (Operational Ready Force).

Selanjutnya, dengan hadirnya KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527 kiranya akan semakin memperkuat jajaran armada TNI Angkatan Laut dalam konsep pertahanan dan keamanan maritim nasional. “Kita pahami bersama, bahwa pembangunan sistem pertahanan keamanan maritim ditujukan untuk menjaga kedaulatan dan melindungi kekayaan maritim, termasuk jaminan keamanan maritim sebagai salah satu upaya mengembalikan kejayaan maritim nusantara... “Jalesveva Jayamahe”… justru di laut kita jaya…,” ujar Laksamana Yudo Margono.

Sementara itu Menhan menyampaikan kekayaan Indoneisa sangat besar dan membutuhkan Angkatan laut yang kuat. “Kekayaan yang begitu besar membutuhkan penjaga yang kuat yang besar , karena itu Presiden RI telah menugaskan saya untuk merancang pembangunan kekuatan TNI untuk sekian tahun ke depan dan di antara tekad kita adalah harus memiliki AL yang kuat,” ungkapnya.
Selain meresmikan kedua kapal yang nantinya akan memperkuat jajaran Koarmada III tersebut, pada kesempatan tersebut Kasal juga mengukuhkan Letkol Laut (P) Thomas Riyanto sebagai Komandan KRI Teluk Weda-526 dan Letkol Laut (P) Rizkal Fadlul Kamal sebagai Komandan KRI Teluk Wondama-527.

Sementara itu spesifikasi dari KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527 adalah memiliki panjang 117,00 meter, lebar 16,40 meter, draft 3 meter (full load) dengan bobot 5.000 ton. Kapal berjenis Landing Ship Tank (LST) itu mampu menampung 367 prajurit dan 111 personel anak buah kapal (ABK), memiliki kecepatan maksimum 16 knots, kecepatan jelajah 13 knots dan kecepatan ekonomis 12 knots serta mampu berlayar selama 20 hari. Adapun kemampuan angkut kapal tersebut yaitu 15 Tank BMP 3F dan 1 Helly. 

Hadir dalam peresmian acara tersebut yakni para Petinggi Kemhan RI, Irjen TNI, Pangkogabwilhan, Aslog Panglima TNI I, Aslog Kasal, Aspers Kasal, Pangkoarmada III, para Kadis di lingkungan Mabesal, Danlantamal IV, para Anggota Komisi I DPR RI, pejabat Forkopimda serta Komisaris dan Dirut PT. Bandar Abadi.(IMM)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update