Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ugracena Hadir Di Sumba Barat

Senin, 10 Juni 2024 | Juni 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-10T02:03:19Z





SUMBA BARAT , Korps Menwa Indonesia Provinsi Bali (Korps Menwa Ugracena) mendapat kepercayaan sebagai instruktur kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) di Waikabubak, ibukota Kabupaten Sumba Barat pada 12-14 Juni 2024 mendatang. Kegiatan ini diikuti oleh 50 pelajar tingkat SMA/SMK/MA/SMTK yang diwakili 10 sekolah yang merupakan program kegiatan dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumba Barat.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Sumba Barat Lobu ORI, S.Pd, M.Pd. mengemukakan, Kegiatan PPBN Ini diharapkan para peserta dapat memahami nilai dasar bela negara yg meliputi: Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara,Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara. Disamping itu, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki ketrampilan awal bela negara.

Sebelumnya Kepala Bidang Kepemudaan dan Olah Raga, Enos U.T Pandango, S.Pt telah berkunjung ke Monumen Resimen Mahasiswa Ugracena yang terletak di Kawasan Monumen Perjuangan Bangsal di Dalung, Bali. (18/10/23) Kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan PPBN Tingkat TK hingga SMA oleh Korps Menwa Ugracena yang merupakan bagian dari Gugus Kebangsaan Provinsi Bali hingga mampu menembus jumlah lebih dari 11.000 peserta yang dilakukan secara konsisten dari tahun 2015 hingga saat ini secara swadaya.

Kepala Bidang Pendidikan dan Latihan Korps Menwa Ugracena, Heldy Ardiansyah disela-sela keberangkatan ke Sumba Barat hari ini (10/6) menyampaikan bahwa Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) oleh Pemerintah Republik Indonesia selama ini telah direalisasikan oleh Korps Menwa Ugracena dalam bentuk Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) Tingkat Pelajar dengan kurikulum dan metode pelatihan yang disesuaikan kondisi masing-masing sekolah dengan pendanaan secara swadaya.

Sementara itu, Kepala Staff Korps Menwa Ugracena Bali, dr. Mumtazah Mardliyah yang juga Mantan Danyon Menwa A-901/ MJ Universitas Udayana (2020) ini berharap kehadiran Korps Menwa Ugracena di Sumba Barat dapat memberi inspirasi dan motivasi tentang kepedulian generasi muda dalam mengembangkan potensi daerah untuk kepentingan masyarakat melalui kemampuan yang dimiliki sebagai bagian dari bela negara.

Untuk memantapkan pelaksana PPBN di Sumba Barat, Ketua Korps Menwa Indonesia Provinsi Bali, Bagus Ngurah Rai, BA.,S.H.,MBA.,MM menugaskan Asisten Operasi Kasmenwa Ugrasena, Putu Dharma Putra Adnyana dan Wakilnya Nanih Suryanih sebagai instruktur sesuai permintaan Kadisdikpora Sumba Barat.
Sedangkan pendamping kegiatan yakni Kabag Diklat Korps Menwa Indonesia Provinsi Bali, Heldy Ardiyansyah dan Kasmenwa Ugrasena, dr. Mumtazah Mardliyah, S. Ked ditugaskan dengan biaya swadaya. (MM,HLDY)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update