Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Nyoman Tirtawan : Perubahan Tidak Ditunggu Tapi Di Perjuangkan ,Restorasi Harga Mati

Rabu, 03 Maret 2021 | Maret 03, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-02T16:51:01Z



Oleh: NYOMAN TIRTAWAN, politisi NasDem/mantan anggota DPRD Bali 2014-19
RABU 03 - Maret-2021

Denpasar ,Intelmediabali.id
Permasalahan Permasalahan yang mendera Pulau Dewata Dan Indonesia  selama ini diberbagai aspek ,seperti turunnya tingkat degradasi moral ,Lambannya Penegakan Hukum ,Tumpang Tindih Peraturan Yang tidak jelas Arah Dan Tujuan Tentunya Ada Penyebab ,Ada Latar Belakang Dan Sebab Akibat ,Dan Itu perlu Restorasi Total Untuk Mengembalikan Ke jalur Yang Benar .

I.RESTORASI Di Bidang PENDIDIKAN

Fondasi Bangsa sangat menentukan sebuah kualitas konstruksi masa depan bangsa. Selama ini kurikulum pendidikan ada hal yang sangat esensial terlupakan yaitu pembentukan karakter peserta didik secara konkrit. Dari dulu peserta didik fokus untuk menghafal teori tanpa dilakukan upaya pembentukan karakter.

Anak SD sampai SLTA hafal dengan teori jika membuang sampah harus pada tempatnya (tidak sembarangan ), namun kenyataan termasuk orang tua pun buang sampah sembarangan. Faktanya lingkungan kita jorok dan mengancam ekosistem termasuk ancaman yang sangat serius di era persaingan global. Maka dari itu Negara harus memasukan KURIKULUM LINGKUNGAN ke semua elemen pendidikan dari TK ( Taman Kanak – Kanak) sampai SLTA. Kita ketahui bersama bahwa lingkungan disekitar pada umumnya jorok, kotor dan sangat memperihatinkan.

Hal pertama perlu kita ketahui dan sampaikan kepada seluruh generasi bangsa bahwa semua Negara maju,kaya dan makmur memiliki Lingkungan Bersih. Bersih itu sehat dan jika kita sehat maka dapat bekerja/produktif. Bersih itu indah,dengan keindahan yg Negara miliki mampu meningkatkan Dunia Pariwisata ( Devisa negara meningkat). Sebaliknya jika lingkungan jorok,berimplikasi pada buruknya kesehatan. Jika sakit,yang kaya bisa jatuh miskin dan yang miskin cepat mati. Akhirnya Bangsa lemah,bodoh dan bisa dijajah lagi . Cara pemerintah untuk brain wash ( cuci otak ) peserta didik dengan metoda komparasi seperti di bawah ini;

Sajikan potret/gambar/video negara maju dengan contoh Sungai yang airnya bersih, ikan sehatsehat dan pinggiran Sungai tamannya asri/Indah >< Sajikan potret/gambar/video negara miskin dengan Sungainya yang jorok, ikan pada mati serta pinggiran Sungai yang tamannya jelek. Terus kasih pilihan apakah mereka mau pilih Sungai Bersih apa Sungai kotor? Kita yakin mereka pilih yg Bersih.

Sajikan statistik bahwa orang yang tinggal di daerah Bersih hidupnya sehat dan panjang umur >< orang yang tinggal di daerah jorok cenderung sakit-sakitan dan pendek umur/cepet mati. Kita yakin apa pilihan kita dan generasi kita. Statistik bahwa orang yg hidup dengan lingkungan Bersih tingkat produktifitasnya tinggi, income/pendapatannya besar dan tentu sejahtera >< orang yang hidup dilingkungan jorok tingkat produktifitasnya rendah dan tentu hidup miskin. Setelah itu kita bisa pancing semua peserta didik dan ajak untuk membersihkan Lingkungan secara berkelanjutan ( tiap hari sabtu sekitar 50 juta siswa Indonesia bersih-bersih) Dengan KURIKULUM LINGKUNGAN menjadi mata pelajaran di Indonesia banyak benefit Negara bisa peroleh sbb; Indonesia Bersih hampir tanpa biaya ( kira-kira 50 jutaan anak bangsa partisipasi) Jika di gaji Rp. 10.000 per siswa x 4 x 12 x 50.000.000 = 24 triliun. Tapi kita tidak perlu biaya tersebut karena bagian dari kurikulum. Indonesia membentuk karakter Generasi Bangsa secara langsung yang memiliki kebiasaan peduli Lingkungan sejak usia dini. Negara Bersih otomatis meningkatkan kesehatan masyarakat, masyarakat sehat bangsa kuat dan produktif serta bisa hidup sejahtera.


II. RESTORASI Di Bidang PERTANIAN

Tahun 2018 Negara kita impor 2,5 juta ton beras. Statistik lahan Kebun Sawit sekitar 14 juta hektar dan secara ekonomis memang jauh lebih menguntungkan ketimbang tanam padi. Namun satu hal yang perlu dicatat oleh Pemerintah jika terjadi GAGAL PANEN padi di negara produsen, Indonesia pasti GUNCANG! Nilai stabilitas Bangsa jauh lebih mahal ketimbang keuntungan materi sesaat. Negara harus memiliki stabilitas pangan sebagai hal yang paling fundamental, ganti 1 juta hektar kebun Sawit dengan padi sehingga Bangsa kita mampu berswasembada pangan sebelum menuju ke arah pembangunan berikutnya. Bahkan dengan mengganti 1 juta hektar Sawit dengan padi, kita mampu expor 2,5 juta sampai 5 juta ton beras per tahun. Ingat stabilitas…..stabilitas…..stabilitas.

III. RESTORASI Di Bidang PARIWISATA

Luas Malaysia 330.803 km2 dan Indonesia 1905.000 km2. Justru kunjungan wisatawan Malaysia 24 juta dan kita secara rasio luas wilayah seharusnya Indonesia memiliki kunjungan wisatawan minimal 125 juta. Mengingat resourses, flora dan fauna serta kultur dan eksotiknya Indonesia jauh lebih bagus ketimbang Malaysia.Bahkan satu-satunya binatang purba KOMODO hanya ada di Indonesia yang tercatat sbg SEVENTH WONDER WORLD. Indonesia mampu mendapat DEVISA Rp. 1.760.000 (spend) x 7 ( length of stay) x 1.25.000.000 = Rp. 1.504.000.000.000. Apa yang harus Negara lakukan? IV. REVOLUSI FISKAL Semua Negara maju suku bunga BANK sangat kecil ( sangat mensupport tumbuhnya WIRA USAHAWAN). Bahkan di Jerman kredit Mobil/Kendaraan 0,99%. Uang adalah penggerak ekonomi,usaha,industry,pertanian dan lain-lain. Tapi bukan untuk menghambat pertumbuhan hal-hal yang tersebut di atas. Dengan suku bung Bank yg tinggi dan mencekik sektor WIRA USAHA maka angka pengangguran Negara otomatis tidak dapat dikendalikan ( pengangguran tinggi). Out put nya Negara Deproduktif!

JIka Bunga Bank mampu mendorong pertumbuhan WIRA USAHAWAN dengan kebijakan fiskal yang “DI REVISI / KOREKSI maka akan terdoronglah tumbuhnya banyak lapangan pekerjaan. Mana kala semua orang kerja/produktif, negara akan mendapatkan beberapa jenis pajak seperti PPH, pajak jual beli, PPN dan jenis pajak lainnya. V. REVOLUSI ENERGY Hampir semua Pembangkit Listrik di Indonesia menggunakan Batu bara & minyak fosil. Di samping sangat polusi, harga bahan bakar tersebut sangat mahal dan sangat membebani APBN. Dubai dan sekitarnya menggunakan Tenaga Surya, Skotlandia-Irlandia dengan panas bumi,Belanda dengan kincir angin. Indonesia memiliki panas bumi un limited ( ring of fire ) gas bumi, Matahari, angin, air dll. Sumber Energy yang Gratis, ramah Lingkungan!!!!Jika semua Pembangkit Listrik di Indonesia menggunakan Energy Gratis dan Ramah Lingkungan, berapa ratus triliun APBN bisa diefesienkan? Dan betapa sehatnya udara dan Lingkungan Indonesia? Bagi yang biasa men supply semua Pembangkit Listrik dengan Batu bara dan minyak, negara bisa bantu mereka untuk expor ke negara yg tdk memiliki batu bara dan minyak. Semoga beberapa hal di atas dapat diterapkan sebagai kebijakan pemerintah agar cita-cita bangsa dapat terwujud secepat mungkin.

-Dapat Disimpulkan juga Bahwa .
Sektor Pendidikan Memegang Peranan Penting ,Banyak Negara Maju Lebih Menginvestasikan Lebih Banyak Biaya Untuk Sektor Ini ,Memang perlu waktu Tapi Menentukan

-Pemimpin Juga Sangat Menentukan ,Karena Tanpa Komando Yang jelas ,Visi Misi Serta inovasi Kedepan Untuk Sebuah Tujuan Dan Harapan Sangat vital ditambah kejujuran Menjalankan Tugas Dan Amanah menjadi Poin penentu .

-Kedepan Perlu Reward Kepada Media yang Bisa Memberikan Informasi Kepada Pemerintah jikalau menemukan Sebuah Permasalahan Yang Tidak Terjangkau Dan Tidak Terekpose ,fungsi Media Atau insan pers Dikembalikan sebagai Kontrol sosial Dan Kontrol kebijakan Publik ,Bukan Sebagai Tameng dan Bemper Oknum Oknum penguasa Agar Tampak Selalu Baik Dimata Publik ,

-Pemimpin Tidak Perlu Pintar tetapi bisa kerja dan jujur,dan sesuai dengan Ruh Partai NasDem Restorasi Indonesia Maka 

"Perubahan Tidak Ditunggu Tetapi Di Perjuangkan ,Restorasi Harga Mati ."( RED)

* Wawancara Di Nusa Dua 2/03/2021*

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update