Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kapolda Bali Resmikan Pembangunan Pos Polisi Pancasari Dilanjutkan Dengan Persembahyangan.

Sabtu, 01 Mei 2021 | Mei 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-01T09:37:27Z
Buleleng,Intelmediabali.id-
Bangunan Pos Pol Pancasari berdiri diatas tanah yang diberikan oleh Perbekel pancasari secara cuma-cuma pada bulan juli tahun 1984, namun tidak didukung oleh administrasi yang lengkap dan berlokasi di pinggir jalan Singaraja Denpasar seluas 22,5 m2 x 13,5 m2 dari tahun 2009 lahan tersebut telah diminta oleh pemilik lahan atas nama nama I Made Loka yang mengaku sebagai ahli waris Nengah Maria sebagai pemilik sertifikat lahan .
 
Menindak lanjuti permintaan I Made Loka tersebut tersebut Kapolres Buleleng pada tahun 2010 menerima sebidang tanah  dari PT. Sarana Buana Handara  seluas 515 m2 yang berlokasi di pinggir jalan Singaraja Denpasar wilayah Desa Pancasari Kec. Sukasada Kab. Buleleng dengan perjanjian pinjam pakai selama Polri membutuhkan lahan tersebut.

Perjanjian tersebut kemudian dikukuhkan dengan akta Notaris nomor 171/dibukukan/2010 tertanggal 19 Desember 2010. Surat akta notaris yang dibuat oleh pejabat pembuat akta tanah Drs. I Gede Purwaka, SH tersebut ditandatangani oleh pihak pertama yaitu Direktur PT. Sarana Buana Handara Bapak Lauza Ibnu Sutowo dan pihak kedua oleh Kapolres Buleleng saat itu Bapak AKBP Drs. M. Yudi Hartanto. 

Mengingat jalur Sukasada – Pancasari – Bedugul sering terjadi kemacetan lalu lintas dan juga rawan bencana alam seperti tanah longsong dan pohon tumbang serta adanya obyek wisata di Daerah Pancasari dan sangat diperlukan kehadiran Polri sebagai pelayan dan memberikan pengamanan maka sangat dibutuhkan dan diperlukan Pos Pol Pancasari.

Untuk memanfaatkan lahan tersebut kemudian Kapolres Buleleng saat itu AKBP Muhamad Harry Hariadi mendirikan  pos pol sementara yang ditempati Sat lantas Polres Buleleng yang dinamakan pos wira satya Polres Buleleng pada bulan April 2016. 
 
Karena adanya desakan dari pemilik lahan pos pancasari untuk segera dikembalikan, maka pada hari Jumat tanggal 05 Maret 2021, Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, S.I.K., M.H.   meninjau lahan  pos wira satya tersebut   yang  digunakan juga sebagai Pos Pol Pancasari yang baru. Setelah itu dilakukan perehaban sejak pada  tanggal 18 maret 2021  dikerjakan oleh Winakara Architect and Contractor.
Pada hari ini Sabtu tanggal 1 Mei 2021 Pos Polisi Pancasari diresmikan Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H.,M.Si. , yang saat itu dihadiri Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, S.I.K.,M.H., Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,S.T., Dandim 1609 Buleleng Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrinto, S.E., M.I.K., Rektor Undiksha Singaraja Prof. DR I Nyoman Jampel, M.Pd., serta unsur Forkompinda Buleleng, Unsur Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Desa Adat Pancasari serta pemilik lahan pos pol pancasari yang lama dan perwakilan dari Handara Golf and Resort Bali.
Kapolres Buleleng menyampaikan dihadapan Kapolda Bali bahwa pos pol Pancasari sangat dibutuhkan dan diperlukan, mengingat jalur pancasari-Bedugul sering terjadi kemacetan lalu lintas dan juga sering terjadi bencana alam serta pohon tumbang sehingga diperlukan penanganan yang cepat dan tepat dan juga diperlukan kehadiran Polri. Disamping itu juga Desa Pancasari dan sekitarnya merupakan daerah pariwisata dan memerlukan kehadiran unsur pengamanan Polri maupun yang lainnya, cetusnya.

Kapolda Bali menyampaikan, Pembangunan Pos Polisi Pancasari dalam rangka memberikan rasa aman bagi warga desa pancasari, dan merupakan salah satu bukti bahwa saat ini kehadiran TNI- Polri ditengah-tengah masyarakat diterima dengan hangat.  Saat ini,  Gubernur Bali membuat  sistim pengamanan terpadu berbasis Desa Adat dan  Komponen TNI/Polri serta Pam Swakarsa dapat menggunakan Pos pol ini dalam  pertemuan  atau ruang rapat  atau berdiskusi,  cetusnya.

“ Ucapan terimakasih kepada I Made Loka yang selama ini telah memberikan penggunaan lahannya untuk pos pol Pancasari yang lama dan juga terimakasih kepada Handara Golf and Resort Bali yang telah memberikan sebidang tanah untuk pembangunan pos Pol Pancasari “, ucapkanya.

“ Harapan kapolda Bali kepada bapak Bupati Buleleng, kalau ada lahan yang bisa dimanfaatkan dan dihibahkan ke Polri untuk dapat didirikan pos pol yang pendiriannya  menggunakan anggaran APBN”, imbuhnya.

Selesai meresmikan pos pol Pancasari Kapolda Bali dengan didampingi Kapolres Buleleng serta pejabat utama Polres Buleleng dan Rektor Undiksha melaksanakan persembahyangan di Pura Dalem Tamblingan  di Desa Munduk yang juga dihadiri Pengerajeg Dalem Tamblingan Gusti Agung Ngurah Pradnyan. 
Persembahyangan dipuput Jro balian Gede Setepan dan Jro Mangku Putu Nitia dan dalam kesempatan tersebut  Kapokda Bali menyerahkan 3 tedung dan 2 rol kain putih kuning, serta pemberian bingkisan kepada pengempun pura.( RED/Humas)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update