Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hari Raya Tumpek Landep sebagai upaya menajamkan pikiran.

Sabtu, 11 September 2021 | September 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-11T03:43:33Z




Bangli,Intelmediabali.id-
Hari raya Tumpek Landep adalah hari yang dikhususkan untuk memohon keselamatan Kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dalam wujudnya sebagai Dewa Senjata atau Pasupati. Tumpek landep diperingati saat saniscara kliwon wuku landep sesuai penanggalan Kalender Bali atau jatuh pada hari ini, Sabtu 11 September 2021. 

Dalam usaha untuk mencapai keselamatan dari anggota Polri itu sendiri khususnya keselamatan kerja perlu mempergunakan kearifan lokal yang sudah kita warisi terutama dibidang penggunaan alat alat Kepolisian berupa Senjata api maupun kendaraan yang berbahan besi, untuk itu di hari Tumpek Landep ini Polsek Tembuku melaksanakan upacara pembersihan dan penajaman pikiran serta diwujudkan dengan ritual pembersihan senjata maupun alat Kepolisian lainnya. 

Upacara Tumpek Landep ini di puput atau di haturkan oleh Pendeta Jro Mangku Kebayan, serta dari Kepolisian Polsek Tembuku dipimpin langsung Kapolsek Tembuku AKP I PUTU GEDE ARDANA, S.H. dengan diikuti oleh personil Polsek Tembuku. 

Menindaklanjuti arahan Pimpinan Kepolisian bahwa setiap kegiatan Polri harus mengedepankan prosedur kesehatan untuk itu didalam melaksanakan upacara Tumpek Landep ini Kepolisian Polsek Tembuku tetap melaksanakan kegiatan sesuai prokes untuk mengindari dari penularan wabah virus covid 19. 

Kapolsek Tembuku AKP I PUTU GEDE ARDANA, S.H. yang langsung memimpin kegiatan tersebut menjelaskan kegiatan upacara Tumpek Landep diadakan karena merupakan sarana anggota Kepolisian Polsek Tembuku untuk mengembangkan dan meningkatkan Rohani dan Mental untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui upacara tersebut serta dengan selalu menjaga alat Kepolisian agar bersih baik secara fisik maupun non fisik sehingga selalu dalam keadaan siap bilamana diperlukan. 

" Cara pembersihan alat Kepolisian khususnya senjata ini kita lakukan untuk menjaga kesiapan dan kebersihan senjata, serta meningkatkan Rohani dan Mental anggota Kepolisian serta sebagai upaya pelestarian ajaran yang diwariskan turun temurun khususnya di Bali" Pungkas Kapolsek Tembuku.(IMM)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update