Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Babinsa Koramil 1609- 01/Buleleng Semangati Petani Saat Panen Padi

Selasa, 10 Mei 2022 | Mei 10, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-10T08:10:01Z


Buleleng, Intelmediabali. Id-
 
Masih dalam suasana pandemi kovid 19, kabupaten Buleleng masih pada level 2. ketahanan pangan sangat perlu ditingkatkan seperti diwilayah Kecamatan Buleleng kabupaten Buleleng Bali

Masyarakat pekerja disawah beberapa bulan ini sering di jumpai hama, seperti burung belalang sangit dan tikus yang sering menyatroni padi petani.
Apabila kurang tepat menangani bisa berakibat fatal atau gagal panen. 

 Babinsa Koramil 01 Buleleng peltu Made sawitra jaya putra yang bertugas di wilayah desa petandakan melihat masyarakat petani panen padi di persawahan  terjun untuk membantu dan memberikan semangat sambil bersenda gurau.
 
Beras merupakan bahan pokok bagi warga Indonesia yang sulit tergantikan. Tentu menanam padi harus di sawah yang di aliri air secara teratur serta perawatan yang tepat.Di sela sela panen padi salah seorang petani bernama bapak Made suka ada 62 tahun dari desa petandakan, sawah beliau berada di Subak lanyahan yang sedang panen.

Bapak Made suka mengatakan lahan masyarakat semakin sempit selain disebabkan pengalihan fungsi, saat ini lahan sawah semakin menyempit karena pemukiman penduduk semakin banyak sehingga sawah banyak berubah fungsi menjadi perumaha papar bapak Made suka.

Sisi lain warga bernama  bapak Ketut kastawan 63 tahun tetap mengolah sawahnya seluas satu hektar warisan leluhurnya, hasil panen untuk kebutuhan keluarga sehari hari dan sebagian bisa di jual. Masyarakat diketahui dalam mengolah sawah membutuh dana yang tidak sedikit, pada pengolahan sawah saat ini dengan alat traktor dengan sistem sewa serta bibit, pupuk dan obat-obatan terbilang biaya yang cukup besar berbeda dengan dahulu hanya menggunakan sapi didalam menggarap sawah dan bantuan gotong royong tetangga.

Banbinsa terus memberikan semangat kepada para petani untuk  tetap mampu  mengolah sawah agar memperoleh hasil yang optimal sebagai upaya ketahanan pangan baik untuknya sendiri dan kontribusi kepada Buleleng,

 Danramil 1609-01/bll kapten inf Wayan Nada di tempat berbeda mengatakan pada awak media, sebagai anggota TNI khususnya di kewilayahan harus dekat dengan masyarakat  untuk menumbuhkan rasa cinta pada TNI semakin tinggi sesuai perintah harian KASAD.(JC81)
×
Berita Terbaru Update