Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polres Karangasem Gelar Rakor Dengan Instansi Terkait Antisipasi Lonjakan Puncak Arus Balik Penyebrangan Padangbai

Jumat, 06 Mei 2022 | Mei 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-06T10:39:11Z



Karangasem,Intelmediabali.id-

Antisipasi lonjakan penumpang puncak arus balik melalui pelabuhan Padangbai Polres Karangasem diwakili Kabag Ops Polres Karangasem Kompol I Nengah Subangsawan, S.H.,M.H. menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait pengelola penyebrangan pelabuhan Padangbai diruang rapat kantor Manager ASDP Padangbai, Jumat 06/05/22

Hadir dalam rapat tersebut Manajer Usaha PT. ASDP Indonesia Ferry Padangbai Nickson Ambarita, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol Made Suadnyana, S.So. Kaposyan Terpadu AKP I Komang Putra Sujana, Kaposyan Simpang 3 Padangbai AKP I Made Wana Suparwata, Kapospam Yeh Malet IPDA I Nyoman Sulatra, Perwakilan KSOP Padangbai I Ketut Sujana, Perwakilan Petugas Kesehatan Pelabuhan Padangbai Dedek Oktaviana, Perwakilan Dinas Perhub Kabupaten Karangasem, Perwakilan BPTD Padangbai, Perwakilan Disdukcapil.

Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Karangasem digelar berdasarkan arahan dari Karo Ops Polda Bali melalui zoom meeting mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang puncak arus balik lebaran/Idul Fitri 1443 H. Disampaikan bahwa mengantisipasi lonjakan arus balik  agar menganalisa betul arus balik yang terjadi sehingga bisa diambil langkah-langkah mempercepat masyarakat sampai pada tujuan sehingga tidak terjadi kemacetan. Ditambahkan pula  sesuai arahan agar mempercepat mengosongkan dermaga pelabuhan atau mempercepat operasional sehingga Kapal yang datang lebih cepat sandar dan segera melaksanakan pemuatan.

Dari perwakilan BPTD yang menjelaskan bahwa kapal yang disediakan sebanyak 22 kapal dan untuk mengantisipasi kepadatan arus balik kapal yang dijadwalkan selama 1x24 jam sebanyak 13 trip. Namun jika terjadi peningkatan signifikan maka akan di sediakan kapal nyisip (extra) dan limit waktu bongkar muat dipercepat. 

Dari Manager ASDP Padangbai menjelaskan berdasarkan SE Kemenhub tentang waktu pemuatan kendaraan logistik bahwa pihaknya memprediksi minimnya kendaraan truk yang akan menyebrang ke Pelabuhan Lembar pada siang hari.  Jikalau ada kendaraan logistik akan di tampung didalam pelabuhan dan akan dimuat malam hari. Namun tidak menutup kemungkinan akan diberangkatkan siang hari jika memungkinkan untuk dimuat ke kapal. Tapi pihaknya akan selalu memprioritaskan bagi penumpang yang akan melakukan arus balik .

"Dapat kami simpulkan bahwa hasil rapat ini semua pihak Instansi terkait yang ada di pelabuhan mendukung percepatan arus balik Lebaran 2022," tutup Kompol I Nengah Subangsawan.

Usai rapat koordinasi kemudian Kabag Ops Polres Karangasem mengecek situasi arus balik di pelabuhan Padangbai dan melakukan dialog dengan penumpang yang sedang menunggu kerangkatan kapal.(Humas/JC81)
×
Berita Terbaru Update