Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

RRI Singaraja - Korps Menwa Ugracena Gelar PPBN TK Se-Kab. Buleleng

Kamis, 14 September 2023 | September 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-14T14:21:41Z



Singaraja - LPP RRI Singaraja bersama Korps Menwa Ugracena Bali akan menggelar Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) Tingkat Taman Kanak-Kanak se-Kab. Buleleng pada esok hari yakni 15 September 2023 bertempat di LPP RRI Singaraja. (14/9/23) 

PPBN ini diselenggarakan dalam rangka serangkaian kegiatan memperingati Puncak Pertemuan Rahasia Bawah Tanah MPB  ke-78 (16 Agustus), HUT RI Ke-78, HUT ke-78 RRI (11 September), HUT Menwa Ugraçena ke-59 (29 September).

Kasmen Korps Menwa Ugracena, Mumtazah Mardliyah,S.Ked menyampaikan kegiatan ini merupakan realisasi dari MoU LPP RRI Singaraja dengan Korps Menwa Ugracena Bali  terkait Program Siaran Dunia Anak melalui Kegiatan PPBN pada 23 Agustus 2023 yang lalu di Kantor RRI Singaraja. 

Sementara itu, Ketua Tim Pro 1 RRI Singaraja, Ni Nyoman Wirati, S.Pd yang membawahi Program Siaran Dunia Anak menyampaikan bahwa kegiatan ini akan diikuti oleh sekitar 600 anak TK beserta 150 guru pendamping. Kepala LPP RRI Singaraja akan bertindak selaku inspektur pada upacara pembukaan esok.   

Perlu diketahui bahwa cikal bakal Kegiatan PPBN dilakukan sejak tahun 2015, pertama kali dilakukan di RRI Singaraja yang dibuka oleh Danrem 163/Wirasatya ketika itu yakni Kolonel (Inf) Nyoman Cantiasa. Kini Jenderal bintang tiga tersebut menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koor Sahli Kasad). 

Hingga kini PPBN telah mencetak lebih dari 10.000 kader bela negara dari tingkat TK hingga SMA dan mendapat Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) khususnya Direktorat Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan. 

PPBN esok hari akan dimeriahkan dengan Pawai Kebangsaan ditandai dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 200 meter, pengusungan simbol-simbol negara serta  tampilan drumb band dan Bleganjur dari RRI Singaraja menuju Taman Kota. Selain itu juga melibatkan sekitar 200 orang pasukan gabungan terdiri dari Korps Bela Negara Kab. Buleleng,  Korps Menwa Kab. Buleleng, Pemuda Panca Marga Kab. Buleleng, Kwarcab Pramuka Kab. Buleleng, dan Menwa Ugraçena Yon B-920/Jayastambha Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Kegiatan ini terlaksana atas dukungan penuh dari Gugus Kebangsaan Provinsi Bali. 

Sebelumnya juga telah dilakukan MoU Korps Menwa Ugraçena dengan RRI Denpasar. MoU tersebut merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Bela Negara pada 13 Desember 2022 ketika Rombongan Raker Akhir Tahun LPP RRI berkunjung ke MPB. Deklarasi tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Hendrasmo; Ketua Dewan Pengawas LPP RRI Anwar Mujahid Adhy Trisnanto, Koordinator Gugus Kebangsaan Provinsi Bali, Prof. Dr. Ir. I Wayan Windia,SU; Ketua Monumen Perjuangan Bangsal, dr. Bagus Ngurah Putu Arhana,Sp.A(K), dan Kasmen Korps Menwa Ugracena Bali, Mumtazah Mardliyah,S.Ked. 

Penandatanganan Deklarasi ini juga disaksikan oleh para Dewan Pengawas, Direksi, Kepala Satker LPP RRI Se-Indonesia, Unsur Gugus Kebangsaan Provinsi Bali dan jajaran pengurus Korps Menwa Ugracena Bali. (MM)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update