Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Berbekal Prestasi Gemilang Mayjen TNI Maruli Simajuntak Pimpin Kodam IX/ Udayana

Selasa, 24 November 2020 | November 24, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-11-24T02:10:39Z



Denpasar, Intelmediabali.idMayjen TNI Maruli Simanjuntak yang kini menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana dalam perjalanan karir militernya selama 28 tahun sebagain besar berkecimpung di Satuan Tempur yaitu sebagai Pasukan Khusus TNI AD (Kopassus).


Prajurit lulusan Akmil Tahun 1992 tersebut dalam perjalanan karirnya tidak hanya berprestasi dalam melaksanakan tugas kemiliteran, tapi juga menorehkan tinta emas di dunia olahraga khususnya olahraga Bela Diri Judo.

Meski banyak berkecimpung di Satpur, Maruli Simanjuntak yang saat itu berpangkat Kolonel Infanteri dipercaya menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama di Surakarta pada 2016 sampai dengan 2017 yang sebagian besar melaksanakan tugas pokok bidang teritorial dengan komitmen selalu disiplin dalam tugas menjadikan Satuan Korem yang dipimpinnya meraih prestasi dengan dianugerahi gelar Danrem terbaik dalam bidang Program Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional Tahun 2016.

Penghargaan bergengsi tersebut langsung diserahkan oleh Kasad kepada Danrem pada apel Komandan Korem dan Komandan Kodim 2016 seluruh Indonesia di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD Bandung, pada 14 Nopember 2016.

Perhatian pada dunia pertanian sudah dilakukan ketika masih bertugas di Satpur. Dimana ketika sedang melakukan tugas di pedesaan sering mengamati dan berbincang langsung tentang berbagai hal mengenai pertanian dengan para petani.

Dengan berbekal pengalaman bidang pertanian tersebut yaitu ketika diberi amanah sebagai Danrem yang lebih banyak melaksanakan tugas teritorial dimanfaatkan untuk lebih banyak terjun untuk turutserta meningkatkan kesejahteraan rakyat di wilayah tugasnya. Dimana beliau berusaha menjadi penghubung antara para Kepala Daerah, Pimpinan BUMN, pengusaha, orang-orang berkecukupan, hingga warga masyarakat khususnya para petani. Karena kuncinya adalah menumbuhkan kemauan warga untuk menamam dan memelihara serta juga menghubungkan dengan asosiasi produsen agar nantinya hasil pertanian bisa dibeli.
Selanjutnya di dunia olahraga, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang saat ini resmi menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana. Pada waktu masih berpangkat Perwira Pertama (Pama) berprestasi sebagai Atlet Judo tingkat nasional maupun internasional.

Dimana semasa berdinas di Kopassus, Lettu Inf Maruli Simanjuntak menjuarai Kejuaraan Judo Military Asean Philipina Tahun 1997 di kelas 71 Kg yang diikuti oleh 7 negara bertempat di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta. Pada masa itu beliau masih berpangkat Letnan Satu (Lettu) dengan jabatan sebagai Dantim Yon 12 Grup 1 Kopassus.

Sebagai Atlet Judo di kelas 71 Kg berhasil meraih juara 1, diikuti juara 2 dari Atlet Thailand dan juara 3 dari Indonesia. Pada saat itu juga, Lettu Inf Maruli Simanjuntak berhasil sebagai juara 1 di kelas bebas dan berhak mendapat piala karena dinobatkan sebagai pemain terbaik pada Kejuaraan Judo Military Asean Philipina Tahun 1997.

“Perjuangan beliau meraih prestasi dilalui dengan perjuangan yang sangat keras melalui pelatihan-pelatihan seperti TC Judo Kopassus-Korea di Tahun 1996 sampai dengan 1999 yang berlokasi di Indonesia dan Korea”,

Demikian diungkapkan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., dalam rilis tertulisnya pada Senin (23/11/2020) di Denpasar terkait perjalan karir Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update