Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Bupati Buleleng Minta Unipas Ikuti Perkembangan Dunia Akademik




Buleleng,Intelmediabali.id
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana selaku Ketua Pembina Yayasan Korpri Panji Sakti meminta kepada pihak Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja yang dinaungi yayasan tersebut untuk mengikuti perkembangan dunia akademik yang terus berubah.

Hal tersebut disampaikannya saat ditemui usai mengukuhkan pengurus Yayasan Korpri Panji Sakti periode 2021-2026 di Aula Unipas Singaraja, Kamis (25/2).


Agus Suradnyana menjelaskan jika dilihat tren dari dunia akademik terus berubah. Mahasiswa dari suatu universitas saat ini diharapkan bisa mengimplementasikan ilmunya ke masyarakat. Sehingga penajaman-penajaman akan hal kekinian harus dilakukan di kampus. Ini juga berhubungan dengan gaya hidup masyarakat yang terus berkembang. Seperti saat ini aksesibilitas informasi yang cepat merubah gaya hidup masyarakat. “Sekarang mahasiswa yang lebih tahu daripada dosennya. Sehingga nanti cara mengajarnya lebih ditekankan kepada diskusi-diskusi dalam format akademis yang baik. Termasuk penguatan penelitian yang baik,” jelasnya.

Diharapkan Unipas bisa melakukan hal tersebut walaupun di tengah segala keterbatasannya. Pihaknya akan berusaha membantu bersama dengan Ketua DPRD sebagai pembina yayasan. Unipas juga diharapkan bisa menjadi corong pemikiran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Pemkab sendiri siap membantu jika aturan memungkinkan. “Apabila memungkinkan berdasarkan aturan yang ada, saya siap membantu universitas ini,” ujar Agus Suradnyana.

Sementara itu, Ketua Yayasan Korpri Panji Sakti periode 2021-2026 Ketut Gunawan mengungkapkan sesuai dengan Undang-Undang Pendidikan Tinggi, penelitian dan pengembangan menjadi jantung di bidang pendidikan tinggi. Dengan begitu, pengurus yayasan yang baru akan menindaklanjuti apa yang disampaikan Bupati Buleleng selaku Ketua Pembina Yayasan. Kolaborasi juga akan dilakukan dengan Rektor Unipas. “Dimana tugas yayasan adalah memfasilitasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas . Salah satunya adalah Dharma penelitian yang mana pengurus sebelumnya sudah menjalankan hal tersebut,” ungkapnya.

Dengan adanya Bupati Buleleng dan Ketua DPRD sebagai pembina yayasan, dirinya optimis dua pihak tersebut bisa membantu Unipas ke depan. Utamanya dalam hal pengembangan lembaga ini. Bukan hanya pengembangan penelitian, juga dalam hal pendidikan dan pengajaran. Saat ini, Unipas sehat secara kelembagaan. “Misalnya untuk akreditasi, semua sudah. Termasuk institusi. Sekarang bagaimana mengembangkan akreditasi ini ke arah yang lebih baik. Termasuk pengembangan SDM serta saran dan prasarana,” pungkas Gunawan. (dra)   

Posting Komentar

0 Komentar