Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PAS:Tanam Pohon Tahap Ke II Di Selat , Untuk Beri Manfaat untuk Masyarakat

Minggu, 21 Februari 2021 | Februari 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-02-21T10:37:59Z



Buleleng,Intelmediabali.id
Serangkaian Hari Ulang Tahun Ke 48 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Buleleng melaksanakan penanaman pohon tahap Kedua di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kawasan Hutan Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Minggu (21/2). Penanaman pohon ini dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST beserta Seluruh Kader PDIP Buleleng.


Pada kegiatan penanaman pohon, sebanyak 200 bibit pohon buah-buahan ditanam di kawasan hutan Desa Selat. Pihaknya memilih hutan Desa Selat, karena ini merupakan instruksi langsung dari Ketua DPP PDIP untuk melaksanakan Politik Hijau. “Walaupun yang ditanam hanya 200 tetapi untuk kedepannya akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujar ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Lebih lanjut, Agus Suradnyana, menjelaskan, dengan menanam pohon perkebunan produktif, yakni tanaman pohon menghasilkan buah diharapkan nantinya bisa memberikan tambahan pendapatan bagi warga sekitar hutan. "Dengan demikian, selain untuk penghijauan di lahan hutan nantinya buah dari pohon penghijauan tersebut bisa dimanfaatkan warga sebagai tambahan sumber pendapatan," tegasnya

Pohon penghijauan tersebut, dikatakan Agus Suradnyana, juga mempunyai fungsi penahan air dan tanah. Ini dikarenakan pohon buah tersebut memiliki akar yang kuat sehingga mampu menahan air dan tanah labil yang mudah longsor. Dirinya Menyebutkan pohon yang ditanam di kawasan hutan Desa Selat akan sangat menguntungkan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar hutan.” Kita ketahui bersama Pohon yang sifatnya keras memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat sekitar, disamping itu juga pohon ini nantinya bisa menyerap air yang cukup banyak,” imbuhnya

Menurutnya, sesuai instruksi dari Ketua Umum PDIP, penanaman ini bukan hanya seremonial saja. Selanjutnya akan dilakukan perawatan pohon tersebut demi keberlangsungan kehidupan masyarakat, Pohon yang ditanam bukan hanya pohon keras tetapi juga pohon produktif seperti pohon mangga, durian, nangka, dan jambu biji yang nantinya pohon-pohon tersebut memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. “Tujuan utama kami adalah melestarikan lingkungan, yang nantinya sungai dan hutan Desa Selat ini menjadi warisan generasi selanjutnya,” tutupnya.( RED)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update