Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPEU Bali Gelar Silatuhrami dan Pertemuan Dengan Lembaga Ekonomi.

Sabtu, 10 April 2021 | April 10, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-10T14:42:15Z





Denpasar ,Intelmediabali.id - Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Provinsi Bali menggelar Acara silaturahim dan Temu Lembaga Ekonomi bertempat di Gedung Serbaguna Toko Erlangga 2 Denpasar pada hari ini  Sabtu,10 April 2021.

“Acara ini bertujuan untuk silaturrahim dan pengenalan komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat kepada lembaga-lembaga ekonomi umat. Sekaligus ajakan untuk berkolaborasi dan berjejaring dengan semua lembaga ekonomi untuk membangun ekonomi umat yang kuat,” ujar Eko Teguh selaku Ketua KPEU. 




Sementara itu, Ketua Umum MUI Bali yang diwakili oleh H. Sigit Sunaryanto SE selaku Ketua Bidang Ekonomi MUI Bali menceritakan keberadaan KPEU di jajaran struktur komisi MUI sudah ada sejak periode kepengurusan 2010-2015. "Komisi ini merupakan lokomotif gerakan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan umat melalui MUI" Tutur  H .Sigit Kepada Wartawan Media Ini

Hal senada juga disampaikan oleh H. Pinto Wahyudi selaku ketua Umum MES Bali, dalam sambutannya, ia menegaskan "pentingnya kolaborasi dengan semua pihak untuk membangun ekonomi, dan kolaborasi antar lembaga keumatan yang inten dan masif"Ungkapnya 

Pimpinan Pondok Pesantren Diponegoro Klungkung yang juga Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi Ulama MUI Bali, Dr. H. Mustafid Amna, Lc., MA sebagai salah satu narasumber menyampaikan "secara normatif, masjid adalah tempat yang selama ini kerap digunakan untuk ibadah. Namun dalam konteks yang lebih luas, masjid merupakan sentra komunitas umat Islam, yang fungsinya bisa digunakan untuk memberdayakan umat"Paparnya

Disamping itu, H. Mardi Soemitro selaku Ketua Umum DMI Kota Denpasar yang juga Bendahara Umum MUI Bali, menyampaikan tentang konsep dan platform membangun ekonomi umat berbasis masjid, serta contoh riil yang sudah dilakukan oleh masjid dan mushola yang ada di Denpasar, dengan Mushola Baitul Mukminin sebagai fokusnya.

Kemandirian ekonomi umat melalui kegiatan berbasis masjid, merupakan satu dari 3 program kerja KPEU Provins Bali masa khidmat 2020-2025. Yang dalam kesempatan perdana ini, bekerjasama dengan MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) Bali, DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kota Denpasar dan SBI (Semangat Bersama Indonesia).

Acara yang mengusung tema "Membangun Ekonomi Umat Berbasis Masjid" ini diikuti oleh 50-an peserta yang berasal dari sejumlah lembaga-lembaga 
ekonomi umat, baik yang berdiri sendiri maupun yang berada di bawah struktur ormas muslim. Dalam acara tersebut, juga diserahkan bantuan modal dari Telkomsel masing-masing sebesar 1 juta rupiah kepada 4 pengusaha UKM binaan masjid / mushola di Denpasar.

Dalam perencanaannya ke depan, KPEU Provinsi Bali akan menyelenggarakan sosialisasi terkait program pemberdayaan secara bertahap ke sejumlah daerah. Nantinya diharapkan, program ini dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah kemiskinan di daerah, dan terciptanya kemandirian umat yang selama ini belum tercapai optimal. (RED/Mum)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update