Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pemkab Buleleng targetkan kembali raih penghargaan APE tahun 2020



Buleleng,Intelmediabali.id-
Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Buleleng  bertekad raih Anugerah Parahita Ekapraya (APE ) tahun 2020. APE yang digelar setiap dua  tahun oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) itu menitikberatkan pada Pengarusutamaan Gender (PUG).

Bupati Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekononian dan Pembangunan Setda Buleleng Ni Made Rousmin, S.Sos., MAP mengatakan, Pemkab Buleleg sangat serius dan berkomitmen dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pembangunan Pengarusutamaan Gender (PUG).
“ kami targetkan Pemkab Buleleng kembali Meraih Penghargaan APE untuk yang ke dua Kalinya, maka dari itu kami siap diverifikasi oleh tim dari KemenPPPA,” Ujarnya Saat diremui usai mengikuti Verifikasi data, di Ruang Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Selasa (6/4).

Di dalam sambutan Bupati Buleleng yang disampaikan Made Rousmini, PUG merupakan suatu strategi yang bertujuan untuk menjamin tercapainya kesetaraan dan keadilan gender yaitu memastikan bahwa masyarakat yang terdiri dari laki-laki, perempuan, anak dan disabilitas memperoleh akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang sama dari kebijakan dan program kegiatan diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.
“namun demikian, konsep gender di daerah masih belum optimal karena terbukti masih ada kesenjangan antara peran laki-laki dan perempuan terutama  keikutsertaannya dalam  proses pembangunan,  baik dari segi mengakses, mengontrol, berpartisipasi dan mendapat manfaat dari pembangunan,” Paparnya

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) berarti suatu Penghargaan terhadap prakarsa dan Prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Daerah.

APE juga sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pada pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG, maka Kementerian Negara PP-PA RI menyampaikan penghargaan ini sejak tahun 2004 lalu.  

Lebih lanjut, terkait dengan adanya Verifikasi dirirnya menyambut baik atas dilaksanakannya verifikasi lapangan yang dilaksanakan secara virtual tersebut. Melalui verifikasi tersebut bertujuan melihat perkembangan dan kemajuan pelaksanaan pengarustamaan gender di segala bidang pembangunan.
"Sejumlah fasilitas pembangunan yang telah kita laksanakan telah responsif terhadap gender. Begitu juga dengan fasilitas-fasilitas umum lainnya yang ramah dengan pensetaraan gender," pungkas Rousmini( RED)

Posting Komentar

0 Komentar