Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dukung Ketersediaan Darah PMI Dalam Masa Pandemi, Kodim Tabanan Gelar Donor Darah

Rabu, 09 Juni 2021 | Juni 09, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-09T15:15:56Z





Tabanan,Intelmediabali.id-Di masa Pandemi COVID-19 ketersediaan darah di PMI Tabanan sangat minim. sehingga PMI kesulitan menyediakan darah untuk masyarakat yang membutuhkan. 

Kodim 1619/Tabanan memberikan atensi terhadap kondisi ini untuk membantu serta mendukung ketersediaan darah di PMI Tabanan dengan menggelar kegiatan donor darah di Makodim 1619/Tabanan,.Rabu (09/06/2021)

Kegiatan donor darah yang melibatkan perwakilan anggota militer dan PNS di Jajaran Kodim 1619/Tabanan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto yang sekaligus mendonorkan darahnya kepada PMI yang kemudian dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkannya. 

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto menerangkan kegiatan donor darah yang digelar oleh Jajaran Kodim 1619/Tabanan bersama PMI Tabanan tersebut rutin digelar dalam rangka mendukung ketersediaan darah di PMI Tabanan terlebih di masa Pandemi COVID-19 ini kebutuhan darah cukup tinggi sedangkan pendonornya masih minim", ungkapnya

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa Kodim 1619/Tabanan bersama jajaran berusaha semaksimal mungkin membantu PMI di dalam menyediakan darah kepada masyarakat yang membutuhkan dengan menggelar kegiatan donor darah baik bersifat rutin maupun permintaan langsung melalui satuan ataupun orang per orang personel yang ada di lapangan seperti Babinsa yang tersebar di tiap desa.

Menurut Dandim kegiatan donor darah tersebut terkadang terkendala dengan kegiatan personel yang padat, di samping itu tidak semua personel yang mendaftarkan diri sebagai pendonor dapat lolos sesuai persyaratan kesehatan karena  dalam pemeriksan ada terkendala seperti hipertensi, HB tinggi, masih dalam pengobatan atau juga ada yang waktu donornya belum memenuhi syarat. 

Untuk donor darah kali ini yang mendaftarkan diri sebagai pendonor sebanyak 34 orang namun yang bisa diambil darahnya hanya 24 orang, jadi hanya sekitar 70,5 persen saja yang lolos untuk diambil darahnya. 

"Kita berharap kegiatan serupa akan diadakan lagi pada waktu-waktu mendatang untuk membantu PMI mendukung ketersediaan darah", pungkasnya.

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan oleh PMI Tabanan dipimpin oleh dr I Made Wida Prasetya dengan 5 orang tenaga medis.dengan hasil 24 kantong darah dengan rincian golongan darah O sebanyak 13 kantong, golongan  darah A  sebanyak 6 kantong, golongan darah B sebanyak 4 kantong dan golongan  darah AB  hanya 1 kantong.(RED/Penrem)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update