Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Momen HUT Ke 76 TNI Gelar Baksos Donor Darah dan Tuntaskan Pilot Project Pompa Hidram

Kamis, 23 September 2021 | September 23, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-23T02:40:23Z





Denpasar,Intelmediabali.id- Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., hadir dan sumbangkan darah dalam acara Bakti Sosial (Baksos) donor darah peringatan HUT Ke 76 TNI yang digelar Kodam IX/Udayana, Rabu (22/09/2021) di Aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar.

Selain Pangdam, turut hadir mendonorkan darah diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Ketua Persit KCK PD IX/Udayana bersama para Prajurit, PNS dan Ibu-ibu Persit Jajaran Kodam IX/Udayana yang berada di wilayah Provinsi Bali serta berhasil terkumpul sebanyak 134 kantong darah (golongan darah A sebanyak 29, B sebanyak 42, AB sebanyak 5 dan golongan darah O sebanyak 58 kantong).

Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, S.H., S.Sos., M.Si., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pangdam dan Jajaran Kodam IX/Udayana yang telah memberikan dukungan kepada PMI, guna membantu kekurangan darah khususnya di Provinsi Bali. 

Dukungan darah ini sangatlah membantu masyarakat sebagai bentuk kepedulian kita di masa pandemi COVID-19. 


"Motivasi dari Kodam IX/Udayana, semoga bermanfaat bagi kita semua dalam mengatasi kesulitan akan darah di masa pandemi COVID-19 ini", kata Ketua PMI Provinsi Bali. 
 
Selanjutnya, Pangdam IX/Udayana menyampaikan dalam rangka memperingati HUT Ke 76 TNI, pada hari ini kita melaksanakan Baksos donor darah. Ke depan kita akan menjadwalkan setiap satuan guna mendapat cadangan darah untuk PMI yang mana per tiga bulan akan didata oleh satuan masing-masing. 

Selain kegiatan sosial donor darah, sebetulnya banyak juga kegiatan sosial yang dikerjakan Kodam IX/Udayana seperti kegiatan rehab rumah tidak layak huni atau RTLH dan lain sebagainya, namun di momen HUT Ke 76 TNI ini ada satu hal yang cukup unik yaitu rencana akan meresmikan pompa hidram untuk pengairan sawah. 

Mudah-mudahan ini dapat dijadikan suatu pilot project untuk mengatasi permasalahan tentang lahan sawah maupun kebun yang tadah hujan dan bahkan yang selama ini tidak diolah. 

“Semoga pilot project ini bisa berjalan baik dan bisa menjadi contoh untuk di seluruh tempat”, harap Pangdam.

Untuk yang lain, terkait air bersih maupun sanitasi dan ini sudah berjalan sekitar enam atau tujuh bulan yang lalu. Kita sudah membuat 151 titik air tersebar di Bali-Nusra dan kita bersama-sama akan melanjutkan sebanyak 51 titik, sehingga untuk membuat sebanyak 202 titik bisa terealisasi dan mudah-mudahan bulan depan bisa diselesaikan.

“Yang perlu diingat, bahwa ini semua adalah hasil kerja kita bersama. Semua yang ada di Kodam IX/Udayana ini mempunyai andil dalam pelaksanaan pembuatan kegiatan-kegiatan sosial Kodam IX/Udayana”, tegas Pangdam.

Terkait proyek pengairan untuk pertanian, Kodam akan coba membuat di tiga provinsi dan semantara ini yang sedang berjalan ada 3 yaitu di wilayah Sumba Timur ada 460 hektar lahan, yang kedua di Sumba Tengah yang baru terdata ada 5.000 hektar berupa Kebun Jagung yang belum dialiri air dan yang ketiga di Tabanan, Bali  seluas 220 hektar. 

Pangdam berharap ide-ide yang sudah kita kerjakan ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat di tempat bapak/ibu sekalian. Sehingga masyarakat di sekitar kita bisa tumbuh secara ekonomi.

Terakhir, mudah-mudahan HUT Ke 76 TNI ini mengingatkan kembali kepada kita semua sebagai Prajurit TNI pada 8 Wajib TNI yang kedelapan yaitu memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, tutup Pangdam. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update