Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PMI Buleleng Gelar Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Di Tejakula

Rabu, 24 November 2021 | November 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-24T14:15:35Z



Buleleng,Intelmediabali.id-
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng mengelar Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula. Pelatihan diikuti oleh 30 relawan yang merupakan elemen masyarakat setempat. Pelatihan Sibat dilakukan selama empat hari, dimulai Rabu, (24/11).

Pelatihan Sibat merupakan upaya pemberdayaan masyarakat demi meningkatkan kemampuan masyarakat menurunkan risiko dampak bencana yang terjadi di wilayahnya. Dengan Pelatihan Sibat, masyarakat diharapkan mampu tanggap menurunkan risiko dampak bencana dengan kapasitas dan sumber daya yang dimiliki.

Dalam mengikuti Pelatihan Sibat yang digelar PMI Kabupaten Buleleng, masyarakat Desa Tejakula akan dibekali dengan berbagai keterampilan dasar dalam pertolongan. Kegiatan ini juga diikuti dengan pembentukan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat.
Ditemui usai membuka pelaksanaan Pelatihan Sibat di Wantilan Desa Tejakula, Rabu (24/11), Kepala Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi menyampaikan bahwa Pelatihan Sibat merupakan sinergi dari Pemerintah Kabupaten Buleleng, PMI Buleleng, dan Yayasan Gaia Oasis. Ariadi juga menyampaikan harapan bahwa Peserta Pelatihan Sibat mampu menularkan ilmu ke lingkungan sekelilingnya.

“Kegiatannya adalah terkait dengan pra bencana. Jadi, kesiapsiagaan dan kewaspadaan sebelum terjadi bencana. Kegiatan ini untuk warga tetapi kita batasi untuk para relawan. Dengan harapan, memberikan imbas kepada keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing,” ungkapnya.

Keberadaan Tim Sibat di Kabupaten Buleleng akan menjadi bagian penting bersama stakeholder lainnya untuk bergerak bersama membantu masyarakat menghadapi bencana. Adanya Sibat juga diharapkan menjadi media komunikasi efektif dalam mendokumentasikan informasi, berbagi dan mendorong kesadaran bersama tentang arti penting siaga bencana dan nilai-nilai kemanusiaan.

Di Kabupaten Buleleng, Siaga Bencana Berbasis Masyarakat yang dibentuk PMI Buleleng di antaranya di Kelurahan Seririt, Desa Sulanyah, Desa Patemon, dan Desa Pemuteran. DesaTejakula merupakan desa kelima yang menjadi sasaran pembentukan dan pelatihan Sibat PMI Buleleng.

Pelatihan Sibat di Desa Tejakula diselenggarakan PMI Kabupaten Buleleng akan diselenggarakan mulai tanggal 24 hingga 27 November 2021. Pembukaan Pelatihan Sibat di Desa Tejakula, dihadiri oleh Camat Tejakula, Sekretaris Pengelola PMI, dan Ketua Yayasan GAIA OASIS. Narasumber dalam Pelatihan Sibat di Desa Tejakula ialah BPBD, Basarnas, dan Tim Pelatih PMI. Terselenggaranya Pelatihan ini, didukung oleh CSR Gaia Oasis.(IMM)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update