Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kapolsek Bangli Pimpin Pengamanan Pembukaan Penglipuran Village Festival (PVF) ke VIII Tahun 2021

Selasa, 07 Desember 2021 | Desember 07, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-07T07:09:28Z



 Bangli,intelmediabali.id-
 Polsek Bangli,-
Setelah sempat ditunda tahun 2020, event tahunan Penglipuran Village Festival VIII akhirnya kembali digelar tahun 2021. Hanya saja, untuk tahun ini pelaksanaannya lebih singkat dan lebih awal dilakukan dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Meski demikian, dipastikan pelaksanaan festival yang mengusung tema Green Destinasi Berbasis CHSE akan tetap semarak untuk menarik tingkat kunjungan wisatawan. Terlebih, ada dua agenda baru yang kini disiapkan. Yakni, pameran bonsai dan lomba vlog promosi desa wisata Penglipuran tingkat umum".  

"Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, diharapkan kegiatan ini mampu melestarikan seni budaya, meningkatkan kompetensi kepariwisataan, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, meningkatkan kreatifitas pelaku pariwisata, pengembangkan pemasaran produk pendukung pariwisata, peningkatkan kolaborasi/ kerjasama, pelaku pariwisata, masyarakat dan pemerintah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat." Ujar I Nengah Moneng selaku Pengelola Desa Wisata Penglipuran saat dikomfirmasi disela2 pembukaan Penglipuran Village Festival., Selasa 07/12/2021. 

Kegiatan pembukaan Penglipuran Village Festival  dihadiri oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Repulik Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Event Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, S.E., Kadis Pariwisata Prov. Bali Tjok Bagus Pemayun,  Kadis Kebudayaan Prov. Bali Prof. Sugiarta, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, S.H, Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, S.I.K.,M.I.K,. Dandim 1626 Bangli Letkol LETKOL INF I Gede Putu Suwardana, S.I.P., Kajari Bangli diwakili Jaksa  Ni Putu Diah Laksmini S.H., Ketua PN Bangli Redite Ika Septiana, S.H.,M.H, Para Pimpinan OPD terkait Kab. Bangli, Unsur Muspika Kec. Bangli, Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata Prov. Bali Made Mendra Astawa, Ketua Pokdarwis Prov. Bali I Nyoman Kariasa, Ketua Panitia Penyelenggara Penglipuran Village Festival VIII beserta Pokdarwis Penglipuran dan undangan lainnya yang berjumlah kurang lebih 150 orang. 

Bupati Bangli dalam sambutannya mengatakan Penglipuran Village Festival Tahun 2021 ini adalah event tahunan yang ke-8 kalinya mengambil tema Green Destination Berbasis CHSE yaitu Clean, Health, Safety, and Environment sustainability yang mengandung makna Mewujudkan destinasi hijau yang ramah lingkungan dengan penerapan protokol kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan. 

"Tema ini sangat tepat dipilih dalam situasi pariwisata ditengah pandemi Covid-19 saat ini, dimana faktor kesehatan dan keamanan menjadi salah satu aspek penting dalam industri pariwisata. Penerapan protokol kesehatan dan keamanan yang ketat dalam sebuah destinasi wisata telah menjadi syarat mutlak saat ini" Ujarnya. 

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Event Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa, mengatakan Pariwista Desa Wisata Penglipuran tidak asing lagi bagi kita semua bahkan dunia karena salah satu tempat pariwisata terbersih dunia. Sangat tepat dan sesuai dengan tema pelaksanaan kegiatan ini yaitu Green Destination Berbasis CHSE yang dimana  menonjolkan kebersihan lingkungan. 

"Diharapkan kebersihan Desa Adat Penglipuran tetap terjaga sehingga tetap menjadi tempat wisata favorit dan yang berkualitas dan semoga Bali cepat bangkit kembali,  dimasa Pandemi ini Bali masih dapat menyelenggarakan even-even besar seperti G-20 dan lainnya, hal ini kesempatan yang baik dimana para UMKM tetap memperbanyak produksi agar dapat diserap dalam kegiatan besar tersebut sehingga perekonomian di Bali cepat pulih kembali." Harap Rizki Handayani Mustafa. 

Penglipuran Village Festival di Buka oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Event Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa didampingi Bupati Bangli beserta Ketua Dekranasda dan Forkompinda Kab. Bangli yang ditandai dengan pemukulan Kentungan dan dilanjutkan dengan sesi Foto bersama. 

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Parade Budaya khas Desa Wisata Penglipuran berbusana Bali tempo dulu dan Barong Ngelawang di seputaran Obyek Desa Wisata Penglipuran dan dilanjukan dengan peninjauan stand pameran bonsay dan ekinomi UMKM oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Event Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa didampingi Bupati Bangli beserta Ketua Dekranasda dan Forkompinda Kab. Bangli. 

Selama kegiatan berlangsung tetap mematuhi protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran covid-19. 

Untuk Menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi Maka Kapolsek Bangli Kompol I Made Adi Suryawan, S.H.,M.M, didampingi Pawas Iptu I Nyoman Sujana, Kanit Samapta Iptu I Dewa Anom Astawa dan Kanit Lantas Iptu I Dewa Gede Putra bersama anggota keseluruhan berjumlah 10 personil Polsek Bangli, melaksanakan pengamanan Pembukaan Penglipuran Village Festifal ke VIII 2021 di Desa Wisata Penglipuran dan sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat dan pengujung untuk selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan. 

Kapolsek Bangli Kompol I Made Adi Suryawan, S.H.,M.M, mengatakan, "untuk menjaga situasi tetap kondusif diwilayah polsek Bangli, maka kita perlu mengatensi segala yang ada dimasyarakat, seperti halnya kegiatan hari ini pembukaan Penglipuran Village Festival 2021 di Jaba Pura Penataran Desa Adat Penglipuran, dan sekaligus menghimbau kepada masyarakat dan pengunjung untuk selalu disiplin mematuhi Protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran covid-19, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif," Ujarnya. 
(Imam Heru)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update