Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kodim 1609/Buleleleng Lakukan Penanaman Pohon Serentak ,150 Orang Terlibat




Buleleng,Intelmediabali.id-
Kodim 1609/ Buleleng melaksanakan penanaman pohon serentak pada hari Sabtu (11/01/21) dimulai pukul 09.00 Wita di Wisata Taman Danau Gangga Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada.




Kodim 1609/Buleleng bekerjasama dengan Pemda Kab. Buleleng serta masyarakat Desa Pancasari, Kec. Sukasada dan diikuti ± 150 orang.

Dalam kesempatan tersebut Dandim menyampaikan bahwa penanaman pohon serentak ini merupakan perintah dan bantuan dari Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dimana proses pembibitan tanaman keras dan tanaman produktif dilaksanakan di Desa Bukti, Kec. Kubutambahan sebanyak 29.750 bibit, bibit tersebut diserahkan secara gratis oleh Pangdam IX/Udayana.


Lebih lanjut Dandim memaparkan pohon produktif dapat membantu perekonomian warga masyarakat karena hasil dari pohon tersebut diserahkan kepada Desa dan warga masyarakat setempat untuk dikelola, untuk pohon keras berfungsi untuk menjaga kelestarian alam serta menjaga air, sesuai dengan slogan yang dibuat oleh Pangdam IX/Udy "GEJALA" (Gerakan Jaga Alam dan Air).

Penanaman pohon kali ini merupakan penanaman tahap ke 8, untuk wilayah yang sudah dilaksanakan penanaman pohon seperti di Desa Penuktukan, Bukti, Mengening, Sawan, Suwug, Petandakan, Pejarakan dan sekarang ini di Desa Pancasari, untuk Desa Pejarakan telah ditanam pohon mangrove sebanyak 350 pohon.

'Untuk itu saya berharap bibit pohon produktif maupun pohon keras tersebut agar dirawat dengan sebaik baiknya sehingga hasilnya bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak' Ungkap Dandim Windra

Dandim 1609/Buleleng juga meminta kepada pihak Pemda, Kecamatan dan Desa agar selalu menjaga kelestarian alam, melalui penanaman pohon ini alam tetap terjaga dan hasil dari tanaman tersebut bisa bermanfaat bagi generasi kedepan, 'Kepada instansi terkait agar selalu mendukung semaksimal mungkin aktifitas masyarakat yang sifatnya membangun dan berguna bagi masyarakat banyak' Imbuh Dandim

Dari informasi yang berhasil dihimpun team media Jumlah dan jenis bibit tanaman keras dan tanaman produktif yang di tanam diantaranya pohon plamboyan sebanyak 1.800 pohon, pohon beringin sebanyak 1.000 pohon dan pohon intaran sebanyak 200 pohon, sehingga jumlah pohon keseluruhan sebanyak 3.000 pohon. Untuk lokasi yang penanaman berada di kawasan danau gangga buyan, kawasan buyan liang dasong dan kawasan KSDA dasong.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati juga menyampaikan sebagian besar wilayah di Indonesia atau bahkan di dunia tengah menghadapi tekanan lingkungan yang semakin tinggi laju pertumbuhan penduduk, perubahan iklim, perubahan pola hidup serta pola konsumsi telah menyebabkan sebagian besar lahan menjadi kritis dan berpotensi meningkatkan angka kemiskinan masyarakat.

'Saat ini upaya-upaya penyelamatan lingkungan wilayah prioritas seperti sungai mata air danau dan pantai serta rehabilitas hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta penanaman pohon sudah tidak dapat ditunda lagi' Jelas Wabup

wilayah prioritas yang melihara dengan baik dan lahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup akan berfungsi bagi lingkungan disekitarnya. Dengan demikian lahan akan berfungsi dengan baik dalam menata air menyerap dan menyimpan air serta iklim dapat terjaga keseimbangannya, gerakan serentak penanaman pohon yang kita lakukan saat ini Hendaknya menjadi sebuah kebiasaan positif dan gaya hidup masa depan generasi bangsa khususnya generasi muda Buleleng


'Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan apresiasi kepada Kodim 1609 Buleleng serta konstribusi tanggung jawab sosial lingkungan kuasa dalam kepeduliannya terhadap konservasi dan rehabilitasi lingkungan' Imbuh Wabup

Pemerintah Daerah tentu sangat mendukung dan mendorong upaya pelestarian lingkungan dalam berbagai bentuk di tengah pandemi Covid 19 yang masih melanda,"Saya mengajak agar gerakan peningkatan kapasitas lingkungan hidup hendaknya dapat dilaksanakan secara kontinyu dan konsisten serta dievaluasi tingkat keberhasilannya seraya tetap berdoa dan selalu mematuhi protokol kesehatan Covid 19' imbuhnya

Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten dapat fokus kembali melanjutkan pembangunan untuk mewujudkan visi *"NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI MELALUI POLA PEMBANGUNAN SEMESTA BERENCANA MENUJU BALI ERA BARU”*.

' Semoga dengan dilaksanakan kegiatan ini pikiran baik datang darisegala penjuru membawa keseimbangan dan kelestarian bumi Bali pada umumnya dan Buleleng pada khususnya' Pungkas Wabup Buleleng yang diamini Dandim Windra .(Imam)

Posting Komentar

0 Komentar