Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Polres Tabanan Gelar Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Alam & Simulasi Pergelaran Sarpras




Tabanan,intelmediabali.id-
 Humas, Seijin Bupati Tabanan Sekda Tabanan Dr. Gede Susila, S.Sos., MM., memimpin Apel gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan Antisipasi bencana Alam dan simulasi pergelaran peralatan, bertempat di Gedung Ketut Mario Tabanan, hari Senin, 06/12/2021 pukul 09.00 Wita, 

Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Alam dan Simulasi Pergelaran Sarpras yang dimotori dan dikoordinasikan oleh Polres Tabanan  bertujuan untuk menyikapi perkembangan dan perubahan cuaca yang kadang ekstrem terjadi di wilayah Indonesia, di Bali tak terkecuali di Kabupaten Tabanan, yang tentunya dapat mengakibatkan terjadinya Bencana alam ( pohon tumbang, tanah longsor, banjir, gelombang laut tinggi ) dan bencana alam lainnya termasuk ancaman Pandemi  Covid-19.

Para pejabat dan undangan yang hadir dalam acara kegiatan, Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H, bersama PJU Polres Tabanan, Dandim 1619 Tabanan Dandim 1619 Tabanan Letkol Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P, bersama PJU Kodim 1619 Tabanan, Kepala BPBD Kab. Tabanan, Kepala Damkar Kab. Tabanan, Kepala PU Tabanan, Kepala Sat Pol PP Kab. Tabanan,

Pasukan Peserta Apel : Satu peleton perwakilan anggota TNI Kodim 1619 Tabanan, Satu peleton anggota Sabhara Dalmas, Perwakilan Sat Pol Air Polres Tabanan, Perwakilan anggota BPBD Tabanan, Perwakilan Damkar Pemda Tabanan, Perwakilan anggota Dishub dan Sat Pol PP Kab. Tabanan.

Adapun peralatan Sarpras dari masing-masing Instansi terkait yang menghadirkan  :
-    Mobil Water Canon Dalmas Polres Tabanan. 
- Usepe Pelampung Remod, Ring Body ( life Jaket ) Sat Pol Airud Polres Tabanan.
- Kayak ( perahu karet ) dengan kelengkapannya ( pelampung, sampan, 10 Unit Gergaji Mesin, cangkul, sekop, tampar dll.
- Satu Unit Ambulan Klinik Polres Tabanan.
- Unit Patwal Lantas dan Patwal BPDB,
- Dua Unit alat Berat dari PU, Dua Unit Damkar.

Dalam Amanatnya Sekda Tabanan yang mewakili Bupati Tabanan menyampaikan   : 
Marilah kita memanjatkan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa), karena berkatnya hingga hari ini kita masih diberikan kesehatan, untuk dapat melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam dan Pergelaran Peralatan Sarpras Tahun 2021 diwilayah Kabupaten Tabanan. 

Apel gelar pasukan kali ini sangat berbeda dengan kegiatan apel gelar pasukan di tahun yang lalu, karena apel gelar pasukan dan gelar peralatan Sarpras kali ini dilaksanakan ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Tabanan sedang mengalami musibah bencana non alam Covid-19 yang penyebarannya kini sudah dalam tahap mengkawatirkan.

Kita ketahui bersama bahwa menjelang akhir tahun 2021 ini khususnya dibulan November dan Desember 2021 Propinsi Bali khususnya wilayah di Kabupaten Tabanan terkena dampak berupa cuaca ektrim yang banyak menimbulkan peristiwa alam diantaranya banjir, tanah longsor, pohon tumbang, gelomdang laut tinggi dan peristiwa alam lainnya, yang perlu kita atensi bersama pemerintah untuk menyatukan langkah serta menyiapkan sarana dan prasarana untuk dapat mengatasinya, sehingga masyarkat yang kena dampak dari musibah alam ini dapat kita selamatkan terutama tidak terjadi adanya korban jiwa.

Disetiap musibah baik musibah alam maupun non alam, langkah-langkah dari aparat saja tidaklah cukup untuk mengatasi setiap peristiwa yang terjadi, dengan demikian endaknya peran serta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tabanan, ikut bau membau dan bersinergi dengan aparat pemerintah dalam mengatasinya, sehingga terjalin keterpaduan gerak langkah penanganan peristiwa dalam situasi apapun, dan kita di Kabupaten Tabanan patut juga bersyukur, bahwa selama berlangsungnya cuaca ekstrim dibulan November ini, masyarakat kita diseluruh Kabupaten Tabanan tidak terkena dampak yang sangat signifikan dari cuaca buruk ini seperti diwilayah-wilayah lain di indonesia, dan ini semua dapat terjadi berkat doa kita bersama

Disamping kita berupaya mengantisipasi situasi gejala alam seperti yang beberapa hari lalu, kita juga harus memperhatikan program pemerintah dengan tidak  mengesampingkan musibah non alam Covid-19, sehingga dalam penanganan musibah bencana alam dapat dengan tuntas dan  tidak terpapar oleh virus yang sangat mengkawatirkan ini.

Kemudian yang patut kita waspadai dalam gejala musibah alam ini, tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan situasi untuk melakukan perbuatan kejahatan yang berimplikasi terhadap kriminalitas diwilayah Kabupaten Tabanan, oleh karena itu kita semua berharap agar situasi kamtibmas dan peristiwa alam maupun peristiwa non alam dapat kita lewati bersama, sehingga kehidupan sosial masyakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Tabanan yang kita cintai berjalan seperti hari-hari sebelumnya.

Sebagai petugas yang bergerak dijalur terdepan dalam mengatasi musibah, baik musibah bencana alam maupun  musibah non alam Covid-19, harus menunjukkan kesiap siagaan kita semua, dan juga harus sehat waalfiat dalam menanganinya, sehingga semua tugas-tugas mulia ini dapat kita selesaikan dengan baik dan tuntas, sehingga dapat kita melewati dengan selamat dan kegiatan masyarakat bisa berjalan aman lancar.

Menghakhiri amanat saya ini, saya harapkan kepada seluruh aparat pemerintah dikabupaten Tabanan, untuk menyiapkan semua peralatan dan perlengkapan yang siap siaga digunakan dalam penanganan bencana, sehingga penanganan disetiap peristiwa dapat terselesaikan dengan baik, tidak mendapat hambatan dan pemerintah dalam mengatasinya tidak mendapat cemohan dari masyarakat kabupaten Tabanan, sehingga motto Kabupaten Tabanan yang “A.U.M” ( Aman Unggul Dan Madani) terus melekat dihati masyarakat, 

Selesai acara pokok Kapolres Tabanan bersama pejabat lainnya mendamping Sekda Tabanan Dr. Gede Susila, S.Sos., MM., mengecek langsung kesiapan Sarpras yang disiagakan dalam penanggunlangan Bencana, 

Pada kesempatan ini Kapolres Tabanan  AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H, menambahkan dan menyampaikan “ Dengan dilaksanakannya Apel Siaga Bencana bersama ini yang juga menggelar peralatan Sarpras penanganan Bencana, diharapkan kesiapsiagaan dan kecepatan dalam penanganan Bencana yang mungkin terjadi di Wilayah Kab Tabanan bisa dengan maksimal kita laksanakan dan  dengan telah terjalinnya komonikasi, koodinasi dan Sinergitas dengan semua unsur terkait, kita selalu berharap dapat meminimalisir terjadinya korban yang ditimbulkan akibat bencana, Tegas Kapolres tabanan.

Mari kita selalu tingkatkan kewaspadaan dan mengharapkan dukungan dan bantuan dari semua lapisan warga masyarakat Tabanan untuk tap menjaga situasi kamtibmas Tabanan Kondusif selalu disiplin Prokes karena pandemi Covid 19 belum berakhir. Tegas Kapolres menambahkan.
(Imam Heru)

Posting Komentar

0 Komentar