Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Prajurit Kodiklat TNI AL Terima Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa





Surabaya,- Dalam upaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) terkait pengadaan barang dan jasa serta pertanggungjawaban keuangan, ratusan prajurit Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) menerima Sosialisasi pengadaan barang dan jasa serta pertanggungjawaban keuangan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur, Kamis, (30/12/2021).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya tersebut dibuka langsung Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan dihadiri para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik, para Direktur dan Komandan Kodik dijajaran Kodiklatal. Sementara dari team BPKP  dipimpin langsung  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi Satyoadi.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pembukaan, sambutan Dankodiklatal, sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi Satyoadi dilanjutkan pemberian materi  mengenai pengadaan barang dan jasa oleh Drs. Sugiarto.,Ak.,M.M.,CGAP.,CA, dan materi pertanggungjawaban keuangan oleh Drs. Tantawi Haris, Ak, CA, kegiatan diakhiri tanya jawab.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan  rasa senang adanya sosialisasi dari BPKP tentang pengadaan barang dan jasa serta pertanggungjawaban keuangan kepada prajurit Kodiklatal. BPKP sebagai mitra Kodiklatal mempunyai keahlian dalam auditor  sehingga kedepan bisa menjadi pendamping terhadap permasalahan-permasalah yang akan muncul  di Kodiklatal.
 
Kodiklatal Sebagai komando utama TNI AL, tidak terlepas dari kegiatan pengadaan barang dan jasa untuk mendukung operasional pendidikan dan latihan baik dalam rangka pemenuhan sarana dan prasarana belajar maupun proses pembelajaran.  Dihadapkan pada perubahan peraturan dan dinamika lapangan serta penggunaan teknologi informasi berupa Layanan Pengadaan Secara Elektronika (LPSE),  maka sangat diperlukan adanya pemahaman pengetahuan sampai dengan teknis pelaksanaan oleh seluruh satker di lingkungan Kodiklatal terkait dengan prosedur pengadaan barang dan jasa sesuai dengan prosedur yang benar, termasuk juga kesamaan persepsi dalam pertanggungjawaban keuangan dengan Dipa serta keyakinan laporan keuangan yang memadai.

Tepat rasanya pagi hari ini, sosialisasi pengadaan barang dan jasa serta pertanggungjawaban keuangan yang disampaikan perwakilan BPKP Jawa Timur yang merupakan  aparat pengawas instansi pemerintah Indonesia.  Dengan  demikian  diharapkan  pada  tahun 2022 kegiatan pengadaan barang dan jasa serta pertanggungjawaban keuangan dapat mencapai kriteria: ekonomis, efisien, efektif, penataan asset yang memadai, laporan keuangan yang meyakinkan dan taat pada aturan.

Diakhir sambutannya,  Dankodiklatal mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPKP dan staf yang telah memberikan pencerahan tentang  penggunaaan barang dan jasa serta pertanggungjawaban keuangan kepada personel Kodiklatal. Dankodiklatal berharap agar parajurit TNI AL untuk mengikuti kegiatan ini secara aktif sehingga dikemudian hari tidak  ada  lagi ditemukan  masalah  yang sama tentang pengadaan barang dan jasa serta pertanggungjawaban keuangan.(Imam)

Posting Komentar

0 Komentar