Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Siswa Dikmaba TNI AL Latihan Peknubika





Surabaya,Intelmediabali.id- Puluhan prajurit siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLI/1 melaksanakan latihan praktek (lattek) dasar Penyelamatan Kapal, nuklir, Biologi dan Kimua (Peknubika) bertempat di di Puspeknubika  Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya (06/01)

Siswa Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) ini dibekali sejak dini kemampuan dalam menghadapi bahaya nubika. Latihan praktek ini merupakan aplikasi dari teori yang sudah diterima  di kelas. Peserta Latihan kali ini  sebanyak 73 personel  meliputi para prajurit siswa Kejuruan Listrik dan kejuruan Mesin yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Bintara (Seba) Pusdiktek.

Kegiatan lattek diawali dengan tahan pengenalan alat-alat Nuklir, Biologi dan Kimia (Nubika) dan bagaimana cara menggunakan alat-alat tersebut sesuai dengan prosedur. Bertindak sebagai Instruktur dalam latihan tersebut adalah Sersan Mayor Nanang Siswanto, Bintara dari Pusat Penyelamatan Kapal, Nuklir, Biolgi dan Kimia (Puspeknubika) Kodiklatal.

Dengan mengikuti Lattek tersebut, diharapkan dapat menambah dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan prajurit siswa Dikmaba TNI AL dalam bidang penyelamatan kapal dan Nubika. Dengan memiliki kemampuan tersebut, maka mereka siap untuk melaksanakan tugas baik di kapal perang maupun di Pangkalan TNI Angkatan Laut. 

Peristiwa kebakaran dan kebocoran di kapal perang maupun di Alut sista TNI AL  lainnya tidak menutup kemungkinan terjadi sewaktu-waktu,  oleh sebab itu dari kejadian tersebut mengharuskan peningkatan kewaspadan bagi personel yang mengawaki. Melalui lattek ini, diharapkan para prajurit menjadi motor dalam pencegahan terjadinya kebakaran baik di pangkalan maupun di KRI yang sedang melaksanakan operasi.
Kodiklatal terus berupaya mencetak prajurit matra laut yang unggul, professional dan modern, karena kedepan para siswa akan dihadapkan pada tugas-tugas yang semakin berat dan dinamis seiring dengan perkembangan teknologi. Melalui Puspeknubika Kodikdukum, Kodiklatal berupaya mengevaluasi hasil kursus, latihan dan praktik, serta melaksanakan pembinaan seluruh jajaran kekuatannya, termasuk sarana dan prasarana pendukung agar menghasilkan output sesuai dengan yang diharapkan.(Imam)

Posting Komentar

0 Komentar