Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kapolres Jembrana Hadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jembrana Tahun 2022

Minggu, 27 Maret 2022 | Maret 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-27T01:14:23Z



Jembrana,Intelmediabali.id-

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. mengahadiri upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jembrana Tahun 2022 di Gedung Laboratorium Terpadu Lantai III MAN 1 Jembrana, Jalan Ngurah Rai No. 103 Jembrana-Bali, Sabtu (26/3).

Kegiatan yang mengusung tema "Membangun Umat yang Qur'ani Menuju Masyarakat Jembrana yang Damai, Sejahtera, Harmoni dan Toleran" ini dihadiri oleh Bupati Jembrana (diwakili Kaban Kesbangpol), Dandim 1617/Jembrana (diwakili Dan Unit Inteldim), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana, Kabid Binmas Islam Prov. Bali atau perwakilan, Ketua LPTQ Prov. Bali, Kepala MAN 1 Negara, Ketua MUI Kab. Jembrana, Kepala Kantor KUA se-Kab. Jembrana, Kepala Madrasah se-Kab. Jembrana, Ketua Ormas Islam se-Kab. Jembrana, Ketua LPTQ Kab. Jembrana, Ketua LPTQ masing-masing Kecamatan se-Kab. Jembrana, dan Panitia MTQ.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia MTQ. Kegiatan MTQ ke-29 Kabupaten Jembrana kali ini diikuti oleh 108 peserta terdiri dari 102 orang tadi pemenang lomba pada MTQ di masing-masing kecamatan dan 6 orang utusan LPTQ Kabupaten, terdiri dari 48 Putra dan 60 putri yang berlomba di 26 golongan dari 6 cabang yang dilombakan. Bagi juara pertama berhak untuk mengikuti kejuaraan MTQ di tingkat Provinsi Bali.

Kegiatan MTQ ke-29 Kabupaten Jembrana Tahun 2022 tahun ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana selama dua hari yaitu tanggal 26 sampai 27 Maret 2022 dimana pada tanggal 26 Maret tepatnya hari ini khusus diadakan acara pembukaan dan pelantikan dewan hakim dan besok pada tanggal 27 Maret 2022 mulai pukul 08.00 wita akan dilangsungkan seluruh rangkaian lomba di 6 lokasi atau cabang yang keseluruhannya berada di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana. Ketua panitia MTQ mengucapkan terima kasih atas kepada berbagai pihak yang telah ikut serta menyukseskan kegiatan ini.

Kemudian Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana I Gede Sumarawan, S.E., M.Pd.H. mengatakan, bahwa kegiatan MTQ hari ini tidak asing lagi bagi masyarakat dan umat Islam khususnya di Kabupaten Jembrana karena MTQ merupakan agenda rutin 2 tahunan yang dilaksanakan dari tingkat Kecamatan, Kabupaten hingga Nasional dan Internasional.

Pelaksanaan musabaqah ini tidak hanya sekedar bermakna sebagai pendukung syiar saja tetapi lebih jauh menjadi barometer untuk mengukur hasil atau capaian dari kegiatan pembelajaran Alquran yang berlangsung di masyarakat yang tersebar di Kabupaten Jembrana.

Gede Sumarawan juga mengatakan, selain menjadi media dakwah yang atau sosial keagamaan yang efektif juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat Kab. Jembrana.

"Sesuai dengan tema MTQ yang disampaikan yaitu membangun umat yang Qur'ani sebagai landasan masyarakat yang damai, sejahtera, harmoni dan toleran tentunya hal tersebut dapat diwujudkan melalui MTQ ini hubungan silaturahmi sesama umat beragama dan antar umat beragama harus dan tetap dipertahankan seperti yang sudah terbina selama ini, menghargai menghormati dan menciptakan rasa aman rasa nyaman dan damai setiap masyarakat yang ada di Kabupaten Jembrana," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana I Gede Sumarawan, S.E., M.Pd.H.

Sambutan Bupati Jembrana yang diwakili Kaban Kesbangpol I Ketut Eko Susila Artha Permana, S.E., M.Si. menyampaikan, bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk menumbuhkan dan membumikan ajaran Alquran serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa bagi kaum muslimin.

AlQuran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia. Alquran mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan dalam menjalankan Alquran.

Kaban Kesbangpol I Ketut Eko juga mengatakan dalam MTQ ini akan tampil qori qoriah dan Hafiz hafizah terbaik dari seluruh Kabupaten Jembrana, generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul kompetitif dan berkarakter islami sebagaimana akhlak Rasulullah.

"Kegiatan MTQ ini merupakan bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah. Dengan pemahaman keislaman yang semakin baik bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah tapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah, persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama sebagaimana dicontohkan nabi Muhammad SAW," ucapnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta MTQ, kemudian digelar pementasan lagu oleh siswa MAN 1 Jembrana. Selama kegiatan telah dilaksanakan Pamka dan Pamtup oleh personel Polsek Kota Jembrana dan Polres Jembrana, dan kegiatan sudah dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar.(Humas/JC81)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update