Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemilihan Perbekel Serentak di 51 Desa di Kabupaten Karangasem Dengan Calon 154 Orang

Rabu, 13 April 2022 | April 13, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-13T14:26:21Z



Karangasem,Intelmediabali.id-

Bertempat di Aula Kantor Camat Karangasem telah berlangsung rapat pembahasan persiapan tahapan kampanye dan pemungutan suara pelaksanaan Pemilihan Perbekel serentak  di Kabupaten Karangasem pada Rabu (12/04)

 Hadir dalam giat tersebut Kadis DPMD Karangasem I Made Sugiarta, Kabid Pemdes I Gede Kaneka Setiawan, unsur Kodim 1623 Karangasem yang diwakili Kapten Cpl. I Gst Made Darsana, Polres Karangasem yang diwakili Kanit I Sat Intelkam Polres Karangasem IPTU I Komang Gatot Aryanto, Kejaksaan Negeri Karangasem yang diwakili I Nengah Sudarma, KPUD I Komang Orta Susila, BPKAD Karangasem, Badan Kesbangpol, BPBD, Sat Pol PP, Bag Hukum Sekda Karangasem, Camat, Korami dan Polsek se Kab. Karangasem

Kadis DPMD dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka pelaksanaan Pilkel serentak tahun 2022, dimana panitia yang telah dibentuk sebelumnya beberapa kali telah melaksanakan koordinasi kepanitian. Pelaksanaan Pilkel perlu diantispasi terkait dengan netralitas panitia khususnya tingkat Desa. Pada tgl 16 april 2022  akan dilaksanakan kampanye damai. Beberapa tahapan Pilkel yang telah dilaksanakan yaitu terkait DPT Pilkel, jumlah TPS, jumlah pemilih per TPS maksimal 500 pemilih. Jumlah calon Perbekel di 51 Desa yang akan melaksanakan pemilihan sebanyak 154 calon.  Masa kampanye masing - masing Desa mulai tgl 15 sd 17 Mei 2022, masa tenang tgl 18 sd 20 Mei 2022, pemungutan suara hari Sabtu 21 mei 2022. Penyampaian hasil rekap suara kepada BPD tgl 21 s.d 22 Mei 2022, tgl 23 Mei 2022 BPD menetapkan calon terpilih, pengajuan penetapan kepada Camat dari tgl 23 s.d 25 Mei 2022. Camat menyampaikan hasil penetapan ke Bupati paling lambat 27 Mei 2022. Untuk pengamanan di masing-masing Desa agar Desa mengakomodir akomudasinya di tingkat Desa terhitung paling sedikit 7 hari. 

"Harapan saya kedepan agar pelaksanaan Pilkel serentak di Kabupaten Karangasem dapat berjalan dengan aman dan lancar serta memohon saran dan masukan dari  peserta rapat," ucap  Kadis DPMD I Made Sugiarta.

Dilanjutkan dengan beberapa masukan dari peserta rapat diantaranya Unsur KPU Karangasem intinya menyampaikan agar mendatakan Purnawirawan TNI Polri sebagai calon, Panitia agar dapat memberikan mekanisme yang utuh kepada masyarakat sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kampanye menjadi perhatian bersama untuk bagaimana masyarakat tidak mendapat intimidasi, bagaimana mewujudkan netralitas panitia khususnya tingkat desa, termasuk juga TNI Polri.

Kabid Pemdes menyampaikan adanya permasalahan pada tahapan Pilkel agar diselesaikan melalui musyawarah panitia tingkat Desa, apabila ada pelanggaran oleh panitia tingkat desa akan dimusyawarahkan ditingkat panitia Kecamatan dan disampaikan untuk peserta Kampanye paling banyak 50 orang.

Perwakilan Kodim 1623 Karangasem menyampaikan bahwa kodim bersama Polri melaksanakan pengamanan terkait pemilihan, dimana diyakinkan bahwa TNI Netral dalam Pilkel dimana pihak Kodim sebelumnya sudah menekankan kepada Bhabinsa di Desa untuk tetap menjaga netralitas, terkait pengamanan di masing - masing desa akan melaksanakan penebalan sehingga 1 Desa di Back Up 2 Pers TNI.

Dari Polres Karangasem diwakili Kanit I Sat Intelkam Polres Karangasem IPTU I Komang Gatot Aryanto menyampaikan bahwa panitia tingkat Kabupaten untuk saling mengingatkan panitia tingkat Desa karena selain sebagai penyelenggara ditingkat Desa panitia Desa juga sebagai leading sektor penyelesaian permasalahan Pilkel. Disampaikan juga beberapa potensi kerawanan tahapan Pilkel yang perlu diantispasi sehingga pelaksanaan Pilkel dapat berjalan aman dan lancar.(Humas/JC81)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update