Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hebat! Cetak Humas Profesional, STAHN Mpu Kuturan Selenggarakan Pelatihan Kehumasan dan Protokol

Selasa, 31 Mei 2022 | Mei 31, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-31T09:28:21Z



Buleleng, Intelmediabali. Id-

Tidak sungkan untuk berbagi ilmu dan pengalaman, Kepala Dinas (Kadis) Kominfosanti Ketut Suwarmawan didampingi oleh Kepala Bidang PengeIolaan Komunikasi Publik I Putu Suryada Santhi memberikan materi mengenai pentingnya pengetahuan mengelola informasi publik pada Pelatihan Kehumasan dan Protokol di STAHN Mpu Kuturan Buleleng, Selasa, (31/5).

Pada Kesempatan itu, Suwarmawan menjelaskan makna dari hubungan masyarakat (Humas) itu merupakan praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Selain itu, fungsi humas itu sendiri salah satunya melaksanakan persuasi kepada publik untuk menjadikan sikap dan tingkah laku publik berubah.

Lebih lanjut, Suwarmawan menjelaskan dalam penerapannya di lapangan, humas memiliki tugas pokok yaitu menciptakan kesan yang baik, menyediakan informasi yang akurat, menciptakan ketertarikan publik, bertanggung jawab dalam memberikan penjelasan publik, dan sebagai ahli yang dapat memberikan masukkan untuk lembaga.

“Secara umum, persamaan jurnalistik dan humas adalah sama – sama dibidang komunikasi dan secara teknispun sama-sama dituntut memiliki keterampilan yang sama, khususnya menulis. Namun yang membedakan terletak pada ruang lingkupnya,” jelas Kadis yang pernah menjabat sebagai Kabag Prokom Buleleng.

Ditemui setelah kegiatan, I Putu Rika Mahardika selaku Panitia Pelaksana dari kegiatan pelatihan ini menjelaskan pelatihan humas dan protokol sangat dibutuhkan oleh institusi STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Sebagai kampus yang berdiri sejak tahun 2016, perlu peran humas dalam mempublikasikan setiap kinerja Lembaga sebagai bentuk pertanggung jawaban.
 
Lebih jauh, Rika menyampaikan pelatihan ini akan memberikan strategi efektif guna meningkatkan daya kemampuan bagian humas dan protokoler STAHN Mpu Kuturan dalam menjalankan tugasnya sehingga semua kegiatan dan rencana yang telah dibuat oleh organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan mampu melaksanakan pemberitaan, mengumpulkan dan menganalisa informasi untuk bahan kebijakan pimpinan, melakukan perekaman, penyajian data, dan mengatur keprotokoleran kegiatan pimpinan, termasuk mampu melakukan koordinasi dengan unit kerja atau instansi yang terkait dengan bidang tugasnya,” ucap Rika.

Masih di tempat yang sama, salah satu staf bagian humas yang menjadi peserta pelatihan I Made Hartaka, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Kominfosanti Buleleng yang sudah senantiasa hadir mengisi pelatihan dan berbagi pengalaman yang sangat berguna kepada staf dan dosen STAHN Mpu Kuturan serta mendapatkan informasi untuk mendukung program yang akan dirancang di STAHN Mpu Kuturan.

“Kami berharap komunikasi dan kerja sama ini berlanjut secara berkesinambungan sehingga kami dapat mendapatkan manfaat dalam jangka panjang pada bidang kehumasan dan protokoler,” pungkas Hartaka. (Ag)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update