Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Babinsa Koramil 1609-01/Bll Bersama Babinkamtibmas Edukasi Warga Tentang Penanganan Gigitan Anjing

Senin, 18 Juli 2022 | Juli 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-18T07:32:30Z



Buleleng, Intelmediabali.id-

Bertempat di Kalibaru I Lingkungan Kalibaru Kelurahan Banjar Jawa kecamatan Buleleng,  telah terjadi penambahan 1  kasus gigitan anjing, yang di alami oleh Komang Putra Suadnyana, Lk, 6 tahun, Alamat Jl. Wibisana No.22 E RT Kalibaru I Lingkungan Kalibaru Kelurahan Banjar Jawa. 

Sebagai wujud rasa tanggung jawab terhadap tugas, Babinsa Kelurahan Banjar Jawa  Koptu I Made Sastrawan  bersama Babinkamtibmas Aipda Dewa Putu Eka Ariawan, S.H, Kasi Pemerintahan Kel. Banjar Jawa Ni Putu Sriwahyuni dan Kaling Kalibaru Putu Sutayasa melaksanakan pendampingan terhadap petugas PPL Dinas Pertanian bapak Pande nyoman sujana ramadhy. S.P. melaksanakan kunjungan sekaligus pengecekan terhadap kondisi korban, korban mengalami luka pada telapak tangan kiri, punggung tangan kiri dan pangkal paha kaki kiri. 

Dalam kegiatan tersebut Babinsa, Babinkamtibmas, Kasi Pemerintahan dan Kaling Kalibaru juga mengecek keberadaan anjing yang menggigit korban dengan mendatangi rumah pemilik anjing tersebut atas nama Nyoman Tambun, Alamat Jl. Wibisana RT Kalibaru I, Lingkungan Kalibaru Kelurahan Banjar Jawa, dari keterangan warga sekitar bahwa anjing tersebut menghilang usai menggigit korban dan samapai sekarang belum ditemukan.

Tindak lanjut kejadian, pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 sesaat setelah digigit anjing ybs telah dibawa oleh orang tuanya bersama pemilik anjing   ke Puskesmas Buleleng 1 untuk mendapatkan perawatan luka dan pengobatan, sementara untuk anjing yang menggigit untuk diikat dan dilaksanakan observasi selama 14 hari, namun baru diikat selama 1 hari anjing tersebut terlepas dan sampai saat ini tidak ditemukan, sehingga Tim Kelurahan Banjar Jawa kembali berkoordinasi dengan Bidan Puskesmas Buleleng 1 terkait hal tersebut dan selanjutnya korban gigitan anjing akan diberikan suntikan VAR besok pagi di Puskesmas Buleleng 1.

Dalam kesempatan tersebut  Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Banjar Jawa menekankan agar pemilik anjing tetap mencari tau keberadaan anjingnya tersebut dan agar segera melaporkan perkembangannya kepada Kepala Lingkungan Kalibaru.

Dilain pihak, I Putu Suadnyana orang tua korban sangat berterima kasih atas perhatian dan kunjungan Babinsa serta Babinkamtibmas. Sehingga ybs ahkhirnya mengerti prosedur penanganan korban gigitan anjing seperti yang dialami oleh putranya. 

Menurut Koptu I Made Sastrawan Komsos adalah suatu sarana penyampaian informasi yang penting kepada masyarakat binaan sekaligus sebagai salah satu sarana dirinya untuk bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga timbul jalinan silaturahmi yang erat. Selain itu dengan melakukan Komsos secara rutin dirinya dapat mengetahui setiap perkembangan situasi diwilayah.

Di tempat berbeda Danramil 01/Bll kapten Inf Wayan Nada mengatakan, "Babinsa setiap saat harus hadir ditengah tengah masyarakat, sehingga diharapkan mengetahui perkembangan situasi wilayah dan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di wilayah binaan sesuai perintah harian KASAD." Tegasnya ke Team media Senin (18/06) .(JC81)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update