Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Babinsa Penglatan Bersama Pecalang Gelar Pengamanan Upacara Putra Yadnya

Sabtu, 30 Juli 2022 | Juli 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-30T05:56:51Z



Buleleng, Intelmediabali.id-

Bertempat di desa penglatan kecamatan Buleleng, Babinsa Serka Komang Suardi melaksanakan kegiatan pengamanan rangkaian upacara mekinsan ring geni warga Penglatan almarhum Ketut Artawan , (61) , WNI, Hindu, Swasta. Almarhum meninggal karena sakit. Kegiatan dihadiri keluarga almarhum dengan jumlah lebih kurang 100 orang

Kegiatan diawali dengan pengamanan pemberangkatan jenazah dari rumah duka menuju kuburan Alit Dusun Sanih, Desa Penglatan , kemudian dilanjutkan prosesi mekinsan ring geni di Kuburan. Dalam kesempatan tersebut Babinsa menyampaikan himbauan agar dalam pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi prokes Covid 19. Karena hingga saat ini wabah kovid belum berakhir.

Ketut Panca selaku Kelian Adat Desa Pekraman Penglatan mengatakan bahwa almarhum sementara dilaksanakan upacara Mekingsan ring geni, untuk upacara pengabenan akan mencari waktu yang baik dan rencana akan di laksanakan ngaben massal desa adat. 

Tujuan Ngaben masal ada unsur menyama braya atau kebersamaan sebagai bentuk hidup bergoyang royong sebagai ciri khas warga Bali. Dan bapak Klian adat juga menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan Babinsa yang selalu hadir dalam kegiatan kemasyarakatan baik yang bersifat Suka maupun duka.

Ditempat terpisah Danramil 1609-01/Buleleng Kapten Inf I Wayan Nada mengatakan bahwa kehadiran Babinsa ditengah -tengah masyarakat merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

" Sehingga ada ikatan emosional antara masyarakat dengan Babinsa yang pada akhirnya terwujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat." Jelasnya .(JC81) 

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update