Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jelang Idul Adha, Polres Klungkung Monitoring Peternak Sapi dan Kambing Cegah PMK

Selasa, 05 Juli 2022 | Juli 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-05T03:10:43Z




Klungkung, Intelmediabali.id-

Dalam rangka mendukung program Pemerintah terkait antispasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Virus PMK terhadap hewan ternak khususnya menjelang Idul Adha 1443 Hijriyah, Polres Klungkung  melakukan monitoring dan pengecekan hewan ternak di Peternakan Sapi dan Kambing di Wilayah Kabupaten Klungkung, Selasa, 5/7/2022.

Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana,S.I.K.,M.H., melalui Kasat Binmas Akp I Putu Wirawan mengatakan, kegiatan ini dilakulan dalam rangka pencegahan penyebaran dan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Wilayah Kabupaten Klungkung.

"Kami terus berupaya untuk menekan laju virus PMK dengan terus melakulan sosialisasi kepada para peternak agar menjaga kebersihan kandang, jangan sampai menjual hewan yang terkena virus" katanya usai melakulan pengecekan.

Menurut dia, sesuai dengan rekomendasi dokter hewan, bahwa langkah penanganan hewan yang terkena PMK harus diberi vitamin, obat dan makanan bergizi serta kandang dibersihkan dengan cairan disinfektan.

"Kami mengecek Sapi di peternakan Sapi  dan kambing sebagai langkah penanganan PMK," ujarnya.

Dalam penanganan virus PMK ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Kabupaten Klungkung dan instansi terkait untuk melakukan sosialiasi, pengecekan serta imbauan ke lokasi peternakan maupun tempat pemotongan hewan.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang, namun tetap waspada virus PMK dengan tindakan pencegahan dini, seperti membatasi penerimaan ternak dari wilayah lain," ujar dia.(Humas/jc81)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update