Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Melalui Kegiatan Jumat Bersih Babinsa Koramil 1609-01/Bll melaksanakan Komsos

Sabtu, 16 Juli 2022 | Juli 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-16T07:40:59Z

Buleleng , Intelmediabali.id-

Pada Kegiatan Jumat Bersih Tanggal 15 Juli 2022, Pukul 07.00 Wita yang  bertempat di Lingkungan Gama, Rt Darmayuda Kel. Banjar Jawa, Kec Buleleng Kab. Buleleng adalah merupakan  kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap minggu oleh seluruh staf kelurahan  didampingi oleh Babinsa serta Babinkamtibmas  diikuti oleh warga masyarakat  Kel. Banjar Jawa.

Sebagai wujud rasa tanggung jawab terhadap tugas, Babinsa Kelurahan Banjar Jawa  Koptu I Made Sastrawan  mengajak  warganya untuk bersama sama menjaga kebersihan lingkungan , diantaranya dengan merapikan pohon yang mengganggu keindahan lingkungan, memelihara serta membersihkan  selokan dari sampah daun maupun sampah plastik yang dapat menyumbat aliran selokan pada saat terjadi musim hujan. 

Antusias warga nasyarakat sangat tinggi, tetbukti dengan kesiapan mereka saat berkumpul di pagi hari sebelum kegiatan kerja bakti di mulai. Disela sela kegiatan Babinsa dan Babinkamtibmas menyempatkan diri untuk melaksanakan komsos yaitu dengan memberikan himbauan tentang Rencana pelaksanaan  Vaksin Covid-19 Tahap ke 3 (Booster), vaksinasi terhadap anjing peliharaan, penekanan perekaman E KTP dan tentang PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku) yang dalam kurun waktu  satu nulan terakhir ini menjangkiti hewan ternak di beberapa kecamatan dikabupaten Buleleng.

Disamapikan bahwa Virus Covid - 19 di  belum sepenuhnya hilang terbukti dengan masih munculnya beberapa kasus Covid di Kab. Buleleng. Untuk itu Babinsa menghimbau supaya  warga masyarakat  tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan tetap memaki masker dalam setiap kegiatan, melaksakan vaksin ke 3 bagi warga yang belum melaksanakan. 

Untuk rencana  vaksinasi terhadap anjing (Rabies) yang rencananya dilaksanakan tanggal 26 Juli 2022 oleh PPL dan Dokter Hewan, Babinsa menghimbau warga untuk mendaftarkan Anjingnya, sehingga jumlah vaksin dapat disediakan sesuai dengan kebutuhan, tidak lupa babinsa menekankan warga untuk menyiapkan Anjing pelihraannya yang akan di vaksin supaya di ikat/dikandangkan dirumah masing-masing  sehingga saat pelaksanaan vaksin petugas tidak kerepotan untuk mencari sasaran yang akan divaksin.

Mengenai perekaman E-KTP bagi warga masyarakat yang sudah berusia 17 Tahun atau warga yang masih menggunakan KTP lama, supaya melaksanakan perekaman E-KTP dikantor camat. 

Menurut warga Putu Pasek , 25 Tahun,  Alamat: Lingkungan Gama,  RT Dharmayuda  Kelurahan Banjar Jawa yang mempunyai 1 ekor anjing , merasa sangat terbantu atas informasi yang disampaikan oleh Babinsa, ybs bersedia untuk mendaftarkan dan menyiapkan anjing peliharaannya saat dilaksanakan vaksin rabies yang rencananya di laksanakan tagal 26 tsb. Pihaknya juga sangat berterima kasih atas kesediaan Babinsa dan Babinkamtibmas dalam pelaksanaan kerja bakti, sehingga memotifasi masyarakat untuk ikut berpartisifasi.

Menurut Lurah Banjar Jawa Putu Wiriasa, keikut sertaan  Babinsa dan babinkamtibmas dalam kegiatan kerja bakti, sekaligus  pemberian informasi (komsos) diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan sebagai salah satu cara menjaga keindahan dan kesehatan lingkungan sehingga memeberi dampak pada kesehatan masyarakat dalam lingkungan tsb. 

Komunikasi Sosial (Komsos) secara rutin dilakukan oleh babinsa terhadap warga di wilayah binaannnya. Sebagai ujung tombak aparat teritorial, Komsos merupakan bagian dari pembinaan teritorial sekaligus sarana berkomunikasi antara Babinsa dengan warga binaan.

Diakui Koptu I Made Sastrawan Komsos sebagai salah satu sarana dirinya untuk bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga timbul jalinan silaturahmi yang erat. Selain itu dengan melakukan Komsos secara rutin dirinya dapat mengetahui setiap perkembangan situasi diwilayah.

Di tempat berbeda Danramil 01/Bll kapten inf Wayan Nada mengatakan, " bahwa Babinsa harus hadir disetiap kesulitan masyarakat, sesuai dengan pengamalan Delapan Wajib TNI." Jelasnya 

 Dan tidak lupa beliau menekankan bahwa Matinya Prajurit Teritorial adalah saat Jauh dari rakyat, untuk itu harus terjalin komunikasi sosial yang baik antara babinsa dengan warga.

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update