Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Peran Aktif TBM Janar Dūta di Tengah Situasi Pandemi Covid-19




Denpasar ,Intelmediabali.id- Meski dalam situasi Pandemi Covid-19, TBM Janar Dūta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tetap aktif dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial diantaranya berupa kegiatan Donor Darah dan Donor Darah Plasma Konvalesen. 




Kegiatan yang bertajuk sinergitas akademisi, TNI, Birokrasi, dan Profesi ini dibuka oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak,M.Sc yang merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran (BKFK) ke-59 bertempat di Gedung Cakra Vidhya Usadha FK Unud Kampus Sudirman. (21/2)

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa,Sp.B,Sp.OT(K) memperkenalkan kepada Pangdam IX/Udayana dan para tamu undangan lainnya bahwa TBM Janar Dūta merupakan salah satu wadah mahasiswa FK dalam mengasah mental dan naluri kemanusiaan. 

Ia mengatakan TBM Janar Dūta sering terlibat aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dimana salah satu kegiatan rutin yang dilakukan yaitu Tenda Tensi di sekitar kawasan Monumen Bajra Sandhi Lapangan Niti Mandala Renon.

Hal ini sebagai bentuk kontribusi institusi perguruan tinggi kepada masyarakat. Prof. Suyasa berharap kampus bukan hanya sebagai menara gading yang memiliki makna sebagai tempat atau kedudukan yang serba mulia, nyaman dan menyenangkan, tetapi juga menjadi menara air selayaknya sumber kehidupan yang mampu berkontribusi pada bangsa dan negara. 

Ia menambahkan mental adik-adik mahasiswa pun ditempa melalui berbagai kegiatan dan pembelajaran sehingga tercipta mahasiswa yang berkarakter dan berbudaya. Hal ini sejalan dengan Visi Universitas Udayana yakni unggul, mandiri, dan berbudaya. Dengan demikian, kita bisa menjadi bangsa yang kuat, memiliki kebersamaan, semangat gotong royong, dan empati kepada sesama. 

Tidak hanya donor darah, selama masa pandemi TBM Janar Dūta selalu gencar mengedukasi masyarakat terkait bahaya Covid-19 dan bagaimana cara pencegahannya, mengajak masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, memberikan APD ke beberapa fasilitas kesehatan serta memberikan bantuan berupa sembako, buku, pakaian layak pakai dibeberapa wilayah di Indonesia bahkan hingga ke Malaysia. 

Perlu ketahui bahwa sebagai organisasi yang bergerak di bidang kegawatdaruratan medis dan kepecintaan alam, TBM Janar Dūta juga giat melaksanakan pendidikan dan pelatihan baik di bidang medis maupun alam guna menunjang kemampuan para anggotanya. 

Selanjutnya, pada akhir februari mendatang akan dilaksanakan pelantikan Anggota Muda Angkatan XXX yang telah berhasil melalui serangkaian kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) hingga Latihan Khusus (Latsus) yang merupakan syarat untuk bisa bergabung menjadi keluarga besar TBM Janar Dūta bertempat di Monumen Resimen Mahasiswa Ugraçena (MRMU) Kawasan Monumen Perjuangan Bangsal, Badung. (Mum)

Posting Komentar

0 Komentar