Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Aster Kasad Kunjungi TMMD Ke 111 Kodim Karangasem, Sasarannya Luar Biasa




Amlapura,Intelmediabali.id-Pelaksanaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 111 Kodim 1623/Karangasem Tahun Anggaran 2021 di Desa Adat Bukit Galah, Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem mendapatkan peninjauan dari petinggi TNI AD. 

Kunjungan atau peninjauan dilakukan oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Nurcahyanto dalam rangka melakukan pengawasan dan evaluasi atau Wasev terhadap pelaksanaan TMMD yang hampir berjalan dua pekan, Jumat (25/06/2021). 

"Tujuan kita kesini untuk melakukan Wasev dan melihat langsung progres TMMD yang sedang dilaksanakan", sebut Aster Kasad yang menilai sasaran TMMD Ke 111 Kodim 1623/Karangasem luar biasa. 

Dengan sasaran utama pembangunan jembatan sepanjang 15 meter dengan  lebar 5 meter yang dibangun dengan alokasi dana sejumlah 1,3 milyar rupiah maka nantinya setelah jembatan ini rampung akan memberi manfaat luar biasa. 

"Kita melihat langsung progres pembangunan TMMD yang luar biasa ini dan akan memberi manfaat luar biasa juga bagi masyarakat dimana nantinya sebagai sarana transportasi masyarakat satu dengan yang lainnya dimana menghubungkan dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Selat dengan Kecamatan Bebandem", sebut Mantan Danrem 163/Wira Satya yang menjabat pada Tahun 2015 silam. 

Dikatakan Jenderal Bintang Dua tersebut, manfaat dari hasil TMMD ini juga pada aspek ekonomi untuk mendistribusikan hasil bumi dari Desa Sebudi menuju Pasar Bebandem. 

Aster Kasad juga mengapresiasi adanya sasaran tambahan berupa pembukaan lahan pertanian  seluas 1,4 hektare yang sebelumnya merupakan lahan non produktif serta dibangunnya bak penampungan air bersih bagi warga masyarakat Desa Sebudi. 

Dirinya berharap dan berpesan apa yang sudah dibangun atau dibuat saat ini agar dipelihara kesinambungannya sehingga akan bermanfaat untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Bagi Aster Kasad TMMD merupakan suatu program dari TNI yang melibatkan instansi lintas sektoral dimana TNI ingin membantu mempercepat pembangunan di daerah. Sasaran yang dipilih adalah sasaran berdasarkan buttom up planning yaitu berdasarkan keinginan dari warga atau pemerintah daerah yang diadopsi dari keinginan atau aspirasi warga masyarakat. 

Aster Kasad sangat meyakini karena sasaran itu  menjadi keinginan warga atau keinginan pemerintah daerah maka tentu manfaatnya pasti sangat besar untuk kepentingan masyarakat. 

"TMMD yang mempunyai dua sasaran yaitu sasaran fisik dan non fisik akan sangat baik apabila targetnya tercapai. Di balik itu kita ingin meningkatkan hubungan atau kemanunggalan TNI dengan  rakyat, karena dengan pelaksanaan sasaran dimaksud baik fisik maupun non fisik adalah sebagai sarana untuk mendekatkan TNI dengan rakyat", jelasnya. 

Dalam kondisi Pandemi COVID-19 ini, Aster Kasad kembali mengingatkan semua pihak untuk taat dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) termasuk bagi anggota Satuan Tugas TMMD yang saat ini sedang bekerja. 

Aster Kasad juga mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Karangasem dimana dari 75  desa dan kelurahan yang ada 68 berstatus zona hijau dan 7 berstatus kuning. Termasuk Desa Sebudi sebagai lokasi sasaran TMMD berstatus zona hijau.  Hal ini tentu baik buat satuan tugas dan juga masyarakat setempat. 

Sementara itu Bupati Karangasem I Gede Dana yang mendampingi kunjungan kerja tersebut mengucapkan terima kasih atas sinergi dan kerjasama dengan pihak TNI. Bupati berharap program bersinergi seperti TMMD ini dapat dilaksanakan dalam setiap tahunnya di Karangasem. 

"Maunya kami setiap tahun ada kerjasama dengan TNI, tidak saja dalam skala besar seperti TMMD kali ini dengan anggaran 1,3 milyar rupiah, tetapi juga dalam skala yang lebih kecil dalam kisaran 200 sampai 300 juta  rupiah untuk pembuatan saluran sungai, kami berharap sinergi dan bantuan TNI", jelas Bupati. 

Dirinya mengapresiasi peran TNI, Polri dan instansi   lainnya dalam membantu pembangunan Kabupaten Karangasem. Bupati mencontohkan adanya pembangunan pompa hydram bagi pemenuhan kebutuhan air bersih di Desa Jungutan. Kemudian tugas  dalam menghadapi Pandemi COVID-19 termasuk menggencarkan program vaksinasi  COVID-19 yang untuk wilayah Karangasem saat ini sudah mencapai 68 persen warga tervaksinasi.

Turut mendampingi kunjungan Wasev Aster Kasad kali ini diantaranya Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Made Maha Parta, Kasiter Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Iwan Sopwan, Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta,. Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa dan juga Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyomam Suartini.(Penrem)

Posting Komentar

0 Komentar