Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Potensi Geografi Bagus ,Satgas TMMD Kodim Karangasem Buka Lahan Pertanian

Senin, 21 Juni 2021 | Juni 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-21T15:33:11Z





Amlapura,Intelmediabali.id-Melihat kondisi geografi kawasan Bukit Galah, Banjar Dinas Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem yang berada di ketinggian dan memiliki suhu udara yang sejuk menjadikan kawasan Bukit Galah sangat cocok dipakai lahan pertanian.

Menyikapi hal tersebut Komandan Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 111 Kodim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa langsung menyelipkan program sasaran tambahan yaitu pembukaan lahan pertanian di tengah berlangsungnya kegiatan TMMD Ke 111 di Bukit Galah, Desa Sebudi.

Satgas TMMD Ke 11 Kodim 1623/Karangasem yang dipimpin langsung Komandan SSK (Dan SSK) Kapten Inf I Made Arjana melaksanakan kegiatan pembukaan lahan pertanian seluas 1,4 Hektar yang berlokasi di Bukit Galah, Banjar Dinas Sogra Desa Sebudi, Kecamatan Selat.

Dansatgas TMMD Ke 111 Letkol Inf Bima Santosa mengatakan sasaran tambahan pembukaan lahan pertanian di tengah pelaksanaan TMMD dimaksudkan supaya masyarakat Bukit Galah, tergugah hatinya untuk bercocok tanam, agar ke depan perekonomian warga setempat bisa meningkat dengan hasil pertanian, serta dapat mewujudkan ketahanan pangan.

"Potensi geografi Bukit Galah, Desa Sebudi dimana kita melaksanakan TMMD dekat kaki Gunung Agung, udaranya sejuk dan tanahnya subur maka cocok untuk dibuka lahan pertanian utamanya untuk ditanami sayuran dan juga umbi-umbian", papar Dansatgas Letkol Bima Santosa.

Senada Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) Kapten Inf Made Arjana mengatakan lokasinya sangat berpotensi untuk dijadikan lahan pertanian, tetapi karena belum ada jembatan sebagai penghubung untuk menuju ke lokasi tersebut sehingga masyarakat enggan untuk menggarap lahan tersebut.
Melalui program TMMD Ke 111 Kodim 1623/Karangasem, pemerintah memberikan kepercayaan kepada pihak TNI dalam hal ini Kodim 1623/Karangasem untuk mengerjakan pembangunan jembatan termasuk juga sasaran tambahan lainnya seperti pembuatan bak penampungan air serta pembukaan lahan pertanian.

"Setelah dibukanya lahan pertanian, nantinya akan ditanami sayur mayur jenis buncis dan umbi-umbian antara lain umbi ketela pohon serta umbi ketela rambat", jelasnya.

Bendesa Bukit Galah I Putu Suyasa mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan pembukaan lahan pertanian di tengah pelaksanaan TMMD Ke 111 oleh Satgas TMMD.

"Kami berharap ke depan dengan adanya lahan pertanian ini, perekonomian masyarakat Bukit Galah akan semakin baik termasuk diperlancar dengan adanya akses jembatan yang sedang dibangun", tutupnya.(RED/Humas)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update