Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Untuk Kesejahteraan Rakyat, Kodam IX/Udayana Gelar TMMD ke-111 di Tiga Provinsi


Denpasar ,Intelmediabali.id-TMMD ke-111 Tahun 2021 ini, Kodam IX/Udayana menggelar kegiatan tersebut di 4 wilayah Kodim jajaran diantaranya di Kodim 1604/Kupang (NTT), Kodim 1627/Rote Ndao (NTT), Kodim 1620/Loteng (NTB) dan Kodim 1623/Karangasem (Bali).

Mengingat waktu pelaksanaan TMMD selama 30 hari, maka sebelum dibuka secara resmi pada Selasa (15/6/2021) telah didahului dengan kegiatan Pra TMMD dan pada hari ini Selasa (22/6) sudah memasuki hari ke 8 pelaksanaan. Diharapkan dalam 22 hari yang akan datang semua target sasaran bisa terselesaikan 100%, untuk selanjutnya akan diserahkan hasilnya kepada Pemda dan dimanfaatkan penggunaannya oleh masyarakat.  

Demikian diungkapkan Wakil Kepala Penerangan Kodam (Waka Pendam) IX/Udayana Letkol Kav Sigit Priyo Utomo, S.I.P., dalam rilis tertulisnya pada Selasa (22/6/2021).

Tujuan dari TMMD ini adalah untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dilaksanakan baik dengan cara pembangunan yang bersifat fisik maupun kegiatan non fisik yang bersifat penanaman bela negara, wawasan kebangsaan dan peningkatan SDM masyarakat desa, serta yang tidak kalah penting yaitu memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat. 

Pada pelaksanaan sasaran fisik TMMD dimasing-masing Kodim disesuaikan dengan kondisi kewilayah dan kebutuhan masyarakat setempat, seperti di Kodim 1604/Kupang mengerjakan pembangunan ruang kelas dan rehab tempat ibadah. Sedangkan di Kodim 1627/Rote Ndao memfokuskan pada pembangunan dan rehabilitasi saluran irigasi sesuai yang dibutuhkan masyarakat Desa Lekona yang menjadi sasaran TMMD.

Selanjutnya, Kodim 1620/Loteng mengerjakan pembukaan jalan baru, pembuatan jembatan, pembuatan plat deker, pemasangan gorong-gorong dan pentalutan. Untuk Kodim 1623/Karangasem melaksanakan pembangunan jembatan, pembuatan bak penampungan air dan pembuatan cekdam.

TMMD ke-111 di wilayah Kodam IX/Udayana, selain melaksanakan sasaran fisik dan non fisik juga dilaksanakan kegiatan pembukaan lahan pertanian sebagai sasaran tambahan TMMD. Ini dimaksudkan sebagai upaya TNI untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat pada bidang ketahanan pangan.

Seperti sasaran tambahan yang sedang dikerjakan Kodim 1623/Karangasem yaitu melaksanakan kegiatan pembukaan lahan pertanian seluas 1,4 Hektar yang berlokasi di Bukit Galah, Banjar Dinas Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat yang sekaligus mengerjakan sasaran fisik berupa pembuatan jembatan penghubung menuju lokasi tersebut maupun sebagai akses aktifitas lainnya bagi masyarakat, tutur Waka Pendam.

Ditambahkan, bahwa TMMD merupakan wujud Bakti TNI dan juga merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemerintah dan instansi lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan daerah.

Oleh karenanya, selain bertujuan membantu Pemda dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, juga bertujuan penting dan mulia yaitu membangun sinergitas TNI dengan Pemda maupun instansi lainnya dan masyarakat. Sehingga akan terjalin rasa kebersamaan, kekompakan dan soliditas TNI bersama komponen masyarakat yang berlandaskan azas gotong royong.

“Hal ini sesuai dengan tema yang diusung pada TMMD ke-111 Tahun 2021 yaitu TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, tutup Waka Pendam. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

0 Komentar