Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Bupati minta Kedokteran Undiksha Tingkatkan Kompetensi dengan Data Teknologi dan Kemanusiaan





Buleleng,Intelmediabali.id-
Dalam menghadapi persaingan yang dibawa oleh perkembangan 4.0, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengharapkan Fakultas Kedokteran Undiksha dapay menyiapkan peseta didik yang berkompetensi dengan menguatkan literasi data penggunaan teknologi dan juga kemanusiaan.

Hal tesebut disampaikannya saat menghadiri diskusi Pengembangan Fakultas Kedokteran Undiksha, di Hotel Puri Sharon, yang menghadirkan  Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dr. Putu Moda Arsana, SpPD, K-EMD, FINASIM sebagai pembicara.

Menurut Bupati Agus Suradnyana, ika melihat perkembangan terutama era industri 4.0 Undiksha harus cepat dalam menyiapkan mahsiswa untuk memperkuat literasi baik berkaitah dengan data maupun literasi kemanusiaan. Humanities Literacy  atau pendidikan yang berkemanusiaan ini, adalah bagaiman mahasiswa mampu  memanfaatkan kemampuan untuk menguasai data dan teknologi. "Karena sering sekali setiap mengembangkan sesuatu tidak berbasis data, banyak seminar-seminar yang kurang berbasis data. Kedepan tidak boleh seperti itu lagi.  kita masukan ke teknologi dibarengi dengan humanities literacy" ujarnya.

Fakultas Kedokteran Undiksha diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik, berdiskusi, dan mampu bertukar pikiran. Kompetensi harus lengkap mengutamakan data, teknologi, dan literasi kemanusiaan sehingga bisa menyiapkan lulusan yang siap bekerja untuk masyarakat. "3 hal ini harus lengkap jadi semua harus bisa dikuasai dengan baik sehingga harapan saya bukan hanya tingkatkan SDM tapi benar-benar sudah siap mereka untuk bekerja turun ke masyarakat" jelas Agus Suradnyana.

Berkaitan dengan pengembangan Fakultas Kedokteran Undiksha, Bupati Agus Suradnyana menyatakan akan mendukung dengan usaha terbaik. Mendapatkan input dri Ketua KKI, termasuk usaha berkelanjutan undiksha. Selain itu, Pemkab Buleleng juga menyiapkan rumah sakit pendidikan utama dengan juga menambah dokter-dokter spesialis dalam penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) "Untuk mendapatkan surat izin praktek sehingga perkembangan FK Undiksha ini benar-benar menyeluruh. Akreditasinya lulus, jumlah mahasiswa bertambah, kemudian saat lulus bisa punya surat izin praktek" kata dia.

Senada dengan Bupati Buleleng, Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra menyampaikan bahwa Pemkab Buleleng selalu mendukung penuh Fakultas kedokteran Undiksha dari proses perencanaan awal, hingga saat ini. "Kami menyiapkan Rumah Sakit Pendidikan Utama sehingga setelah lulus, mahasiswa bisa melanjutkan ke ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Itu yang paling penting" papar dia.

Di sisi lain, Ketua Konsil kedokteran Indonesia (KKI) Putu Moda Arsana menyampaikan bahwa pengembangan Fakultas Kedokteran adalah tujuannya harus dapat menghasilkan dokter-dokter yang kompeten untuk mampu menyelesaikan permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat. "Banyak peraturan yang mengikat dokter dan pendidikan dokter, tapi semua menuju kesana dengan standar input, proses, dan output" ujar Arsana.

Berkenaan dengan tujuan-tujuan ke depan yang ingin dicapai oleh FK Undiksha, Rektor Undiksha I Nyoman Jampel menyampaikan bahwa pihak Undikha mengupayakan untuk mengikuti arah kebijakan dari KKI. Hal ini mengigat, Surat Tanda Registrasi (STR) dokter yang menerbitkan adalah KKI. "Kalau tidak diberi rekomendasi dari KKI, sulit kita diberikan STR. Disamping itu, kita kedepan pasti membutuhkan prodi spesialis dan lainnya. Itu izinnya juga dari KKI" jelas dia.

Rektor Jampel juga menyampaikan bahwa untuk memenuhi aturan dari KKI dalam hal kualitas fakultas maupun program studi kedokteran, dimana Undiksha dianggap kurang dalam hal SDM, pihak Undiksha berani untuk mengirim tenaga didiknya ke universitas ternama. "Agar kedokteran ini tetap eksis dimiliki, dan menghasilkan lulusan yang berkualitas baik. Ini juga perlu didukung dengan sarana prasarana. Tahun 2021 Astungkara lab yang dibangun akan selesai" ujar dia.

Posting Komentar

0 Komentar