Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

TMMD Kodim Karangasem Ditutup, Momentum Pembangunan Untuk Kemajuan Masyarakat




Amlapura,Intelmediabali.id- Program Tentara Nasional Indonesia Membangun Desa (TMMD) Ke 111 Kodim 1623/Karangasem Tahun Anggaran 2021 di Desa Adat Bukit Galah, Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali resmi ditutup, Rabu (14/07/2021) bertempat di Wantilan Nawa Satya Kantor Bupati Karangasem. 


Upacara penutupan dipimpin oleh Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., selaku Pejabat Penanggung Jawab Keberhasilan Pelaksanaan (PKP) TMMD sekaligus membacakan amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Karangasem I Gede Dana, S.Pd., M.Si., beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Karangasem serta undangan lainnya. 



Menurut Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 163/Wira Satya mengatakan, pemerintah daerah serta Prajurit TNI telah dapat menyelesaikan program TMMD Ke 111 dengan baik dan sukses. Selama satu bulan penuh kegiatan TMMD diselenggarakan dengan melibatkan Prajurit TNI serta komponen masyarakat yang tersebar di wilayah Bali-Nusra, termasuk di wilayah Kodim 1623/Karangasem.

"Harapan kita TMMD dapat menggelorakan kembali semangat gotong royong dan sebagai momentum untuk berpartisipasi membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di tengah-tengah situasi pandemi saat ini", jelas Pangdam 

Pangdam mengakui bahwa sasaran dan volume pekerjaan TMMD cukup berat sedangkan sarana dan prasarana serta waktu yang dibutuhkan sangat terbatas, namun dengan semangat, kekompakan dan disiplin serta tanggung jawab dari semua pihak baik TNI, Polri, masyarakat dan instansi terkait lainnya, bersatu padu bahu membahu menyelesaikan program TMMD Ke 111 sehingga semua sasaran dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

"Terima kasih kepada Bupati Karangasem atas dukungan dan partisipasinya yang telah mengalokasikan dana APBD dalam kegiatan TMMD Ke 111 ini, terlebih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan TMMD kali ini", sebut Pangdam 

Sementara itu Bupati Karangasem I Gede Dana, S. Pd., M.Si., mengatakan operasi bhakti TNI dilaksanakan di berbagai bidang, dengan TMMD sebagai upaya mendukung pemerintah dalam pembangunan dan memberikan pemberdayaan dan kesejahteraan kepada masyarakat. 

"Pembangunan untuk kemajuan masyarakat harus didukung oleh kemauan yang kuat dan semangat gotong royong yang tinggi sehingga setiap kegiatan dapat terwujud termasuk pada pelaksanaan TMMD Ke 111 kali ini", jelasnya.

Bupati sangat berterima kasih kepada jajaran TNI-Polri dan instansi terkait lainnya yang sudah bekerjasama untuk membangun wilayah Karangasem untuk kemajuan dan juga memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. 

Pada kesempatan itu juga, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., berharap kepada masyarakat Bukit Galah, Desa Sebudi untuk ikut merasa memiliki dan peduli terhadap hasil-hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan TMMD Ke 111 ini. 

"Pelihara dan rawat dengan baik sarana dan prasarana yang telah dibangun, sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama", harap Danrem. 

Terkait pengerjaan sasaran TMMD Ke 111 Kodim 1623/Karangasem Tahun Anggaran 2021 ini antara lain berupa sasaran pokok pembangunan jembatan dengan panjang 15 meter dan lebar 5 meter, pembuatan senderan jembatan dengan panjang 40 meter tinggi 5 meter, pembuatan cekdam penahan pasir panjang 5 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 2 meter. Kemudian ada sasaran tambahan pembuatan bak penampungan air dengan ukuran panjang 4 meter lebar 2 meter dan tinggi 2 meter serta pembukaan lahan pertanian seluas 1,4 hektare yang saat ini juga menjadi produktif ditanami tanaman holtikultura. Demikian juga sasaran non fisik dalam bentuk sosialisasi dan penyuluhan semua dapat dituntaskan. 

"Semua sudah rampung 100 persen sesuai target yang direncanakan", papar Dansatgas TMMD Letkol Inf Bima Santosa pada saat menyampaikan laporan akhir pencapaian hasil TMMD Ke 111 Kodim 1623/ Karangasem.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat. Kepala Desa Sebudi I Nyoman Tinggal dan Bendesa Adat Bukit Galah I Putu Suyasa. Keduanya mengapresiasi kerja TNI bersama masyarakat selama pelaksanaan TMMD sebulan penuh tersebut. 

"Mulai dari pelaksanaan Pra TMMD sampai pelaksanaannya jalinan kebersamaan dan kekeluargaan sangat terlihat, kami akrab dalam kebersamaan dan semangat dalam menuntaskan sasaran TMMD", pungkas Kades I Nyoman Tinggal.(IMM)

Posting Komentar

0 Komentar