Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kapolres Buleleng Lepas Puluhan Tukik Yang Dilindungi Dipantai Penimbangan.




Buleleng,Intelmediabali.id-
Penyu merupakan kura-kura laut yang telah di lindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 1999 tentang pengawasan tumbuhan dan satwa. Untuk tetap menjaga kelestarian dan keberadaan penyu agar tidak musnah, pada hari ini Minggu (3/10/2021) bertempat di pantai penimbangan Desa Bakti Seraga Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.I.K.,S.H.,M.Si., telah melepas puluhan anak penyu atau bayi penyu yang sering dinamakan tukik.

Sebanyak 40 tukik yang dilepas Kapolres Buleleng merupakan penangkaran penyu yang dilaksanakan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas ) Pantai Penimbangan Lestari  yang diketuai Gede Wiadnyana bersama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Buleleng serta Satuan Pol Air Polres Buleleng. 
 
Sebelum pelepasan puluhan tukik, Ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari  Gede Wiadnyana menyampaikan bahwa penyu yang ada sudah hampir punah sehingga perlu dijaga dan dilestarikan dengan cara melakukan penangkaran penyu mulai dari proses penetasan telor sampai menjadi tukik dan penyu ini dilindungi oleh pemerintah sehingga perlu untuk dipertahankan keberadaannya, cetusnya.

“ didunia ini ada 7 jenis penyu dan yang ditemukan di wilayah penimbangan terdapat 3 jenis penyu yaitu hijau (chelonia mydas), penyu sisit (Eretmochelys imbricata), dan Penyu lekang (Lepidochelys olivachea). Dan penyu yang sering naik di pantai penimbangan dan bertelur adalah penyu lekang, termasuk tukik yang dilepas hari ini oleh Kapolres Buleleng merupakan penetasan dari penyu lekang”, imbuhnya.

Saat pelepasan puluhan tukik, Kapolres Buleleng didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Buleleng Nyonya Arda Andrian.P., bersama dengan  Kabag Logistik Kompol Made Widana,S.H.,  Kasat Pol Air AKP Wayan Parta, S.H.,  Badan Konservasi Sumber Daya Alam Buleleng Putu Citra Suda serta komponen masyarakat lainnya.

Kapolres Buleleng menyampaikan, saya baru tau bahwa disini ada penangkaran penyu yang dilaksanakan Pokmaswas Penimbangan Lestari  dan kegiagtan ini sangat bagus sekali untuk melestarikan penyu yang sudah hampir punah, bahkan ditengah laut dibuatkan terumbu karang buatan sehingga kegiatan ini perlu untuk dikembangkan dan ditiru ditempat lain, cetusnya.

“ awalnya saya tidak tau ada penangkaran penyu di pantai penimbangan, setelah saya tau kemudian saya mendatanginya untuk mengetahui langsung karena kegaitan ini sangat bagus sekali dan hari ini kita lepas puluhan tukik sebagai bentuk kepedulian kita melindungi penyu yang hampir punah”, tambahnya.(IMM)

Posting Komentar

0 Komentar