Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Menteri Koperasi Dan UMKM Teten Masduki ,Lakukan Kunjungan Kerja Di Buleleng ,Berkesempatan Melihat Tenun Songket di Sinabun



Buleleng,Intelmediabali.id-
Menteri Koperasi dan UKM Teten masduki hari ini tiba di Buleleng Bali. Kedatangan Menteri Teten ini merupakan kegiatan kunjungan kerja (kunker) beberapa titik di Provinsi Bali dan langsung menuju buleleng.


Kedatangan Menteri teten langsung disambut Bupati Buleleng Putu Agus Suaradnya (PAS) di Buleleng, pada Sabtu (30/10), bersama jajaran OPD di Buleleng.

Pemkab buleleng dibawah kepemimpinan Bupati PAS diketahui terus menggenjot kinerja perkoprasiaan dan ukm di buleleng terutama penggunakan tekhnologi digitalisasi pemasaran produk koperasi dan ukm.


Dalam kunjungan Menteri Koperasi dan UKM RI di Buleleng ini, dilaksanakan juga pameran produk produk andalan Koperasi dan UKM dikabupaten Buleleng.


Di new era pada pasca pandemi, dibeberapa kesempatan Bupati PAS menekankan agar koperasi dan UKM di Kabupaten Buleleng harus mengejar tuntutan pengetahuan digital, ia menekankan perlunya penguatan digital generasi 4.0. Karena Hal ini sangat bermanfaat dalam uoaya meningkatkan inovasi dalam pemasaran produk unggulannya.

Dari informasi yang dihimpun team mesia Kabupaten Buleleng dengan topografi Nyegara Gunung memiliki penduduk terbanyak dan wilayah terluas di Provinsi Bali, mata pencaharian penduduk di dominasi sektor pertanian, pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis produk unggulan daerah, untuk itu peran UMKM dan Koperasi sangat diperlukan dalam mengelola segenap potensi yang dimiliki secara efektif dan berkelanjutan.
Kabupaten Buleleng saat ini memiliki sekitar 54.809 lebih pelaku UMKM dan mencapai 6.67% berbagai produk unggulan telah dihasilkan dan dikembangkan baik usaha pertanian, perkebunan, olahan makanan dan minuman serta jasa. Aneka kerajinan khas Buleleng seperti tenun ikat/endek, anyaman bambu, perak, logam dan lain sebagainya.

Sementara itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradyana ST menjelaskan "Buleleng memiliki 404 Koperasi binaan, kami sangat mengapresiasi berbagai kebijakan dan program prioritas Kementrian Koperasi dan UKM RI dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional" Ungkap Nya

"kami mohon kehadapan bapak Mentri agar Kabupaten Buleleng senantiasa medapatkan perhatian dalam pelaksanaan program prioritas pemberdayaan Koperasi dan UMKM' Imbuh Bupati yang familiar dan ramah ini

Sementara itu dalam sambutannya Menteri Koperasi Dan UMKM Teten Masduki dalam lawatan perdana nya di buleleng memaparkan
"Kami ingin dorong mereka itu berkoperasi supaya kita bisa scaling up usahanya terhubung ke pembiayaan yang lebih baik dan juga ke pasar, kita ingin share disini termasuk kita ingin memperkuat terutama di sektor koperasi produksi koperasi" Jelas Mantan Pentolan ICW ini

" Herbal atau natural ingredients sampah termasuk dua buah tropik tapi dari tadi seperti yang disebut Pak Agus, manggis, mangga, pisang dan lain sebagainya kita punya kekuatan atau keunggulan domestik di situ, cuma ekonominya kan masih kecil-kecil ini kalau kita konsolidasi lewat koperasi produksi nanti dan terhubung ganti dengan apoteker, ini saya kira akan menjadi unggulan UMKM di masa depan" imbuh nya

Ditambahkan lagi oleh Teten Masduki produk-produk yang berbasis kreatifitas inovasi teknologi termasuk juga kekayaan natural ingredient itu bisa di kapitalisasi menjadi lebih baik.

Digitalisasi harus disiapkan bukan hanya sekedar untuk mengakses pasar digital yang lebih luas dalam skala nasional maupun global, dimana Indonesia nanti pada tahun 2025 itu pasti ekonomi digital kita menjadi terbesar di Asia Tenggara sekitar 1700 Triliun dan ini UMKM harus sudah siap memanfaatkan domestic market yang begitu besar termasuk juga sekarang untuk masuk ke global market.

"Untuk UMKM harus dibenahi supaya bisa masuk ke pasar global dengan sistem logistik yang lebih baik" pungkasnya

Pertemuan tersebut juga diwarnai Penandatangan kesepakatan bersama antara pekumpulan jejaring Kabupaten dan Kota Kreatif Indonesia oleh Mentri Koperasi dan UKM R didampingi oleh Bupati Buleleng.

Serta Penyerahan plakat yang diawali oleh Bupati Buleleng kepada Mentri Koperasi dan UKM RI.

Selabjutnya Mentri Koperasi dan UKM RI Bapak Drs. Teten Masduki beserta rombongan menuju Ke Desa Sinabun, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng dalam rangka melihat Tenun Songket di Desa Sinabun.(IMM)




Posting Komentar

0 Komentar