Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Forkom BPD Buleleng Siap Akselerasi Program Pemerintah

Jumat, 14 Januari 2022 | Januari 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-14T11:22:00Z


Buleleng,Intelmediabali.id-
Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (Forkom BPD) Buleleng siap mendukung akselerasi program-program pemerintah. Khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

Hal itu disampaikan Ketua Forkom BPD Buleleng Ida Bagus Surya saat melakukan audiensi dengan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di ruang kerjanya, Rabu (12/1).

Surya menjelaskan untuk program BPD di Buleleng siap melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung akselerasi pembangunan. Utamanya yang berkaitan dengan program-program dari pemerintahan atasan seperti program dari Pemkab Buleleng. Tentu bekerjasama dengan pemerintahan desa. “Mempercepat program-program daripada kabupaten maupun dinas terkait untuk implementasi di masing-masing desa,” jelasnya.

Selain itu, Forkom BPD Buleleng juga menyampaikan rencana pengukuhan. Anggota dari forkom ini adalah BPD dari 129 desa yang ada di Buleleng. Nantinya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buleleng yang akan mengkoordinasikan. Sehingga, kepengurusan maupun keanggotaan dari forkom BPD bisa dikukuhkan. “Bapak Bupati menyambut baik aspirasi dari kami ini,” ucap Surya.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana sangat mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Forkom BPD Buleleng ini. Dirinya siap mengukuhkan kepengurusan maupun keberadaan dari forkom BPD. Sehingga, forkom BPD bisa menjadi wadah diskusi dan berbagi pikiran antar BPD dari 129 Desa yang ada di Kabupaten Buleleng. “Saya siap mengukuhkan agar organisasi ini bisa terbentuk dengan rapi dan berjalan sesuai dengan fungsinya,” kata dia.

Mantan Ketua Komisi III DPRD Bali ini juga menyebutkan BPD berperan sangat strategis dalam jalannya pemerintahan di desa. BPD memiliki fungsi pengawasan dalam kinerja kepala desa dan pemerintahannya. Selain itu, BPD juga turut serta dalam perancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (ABPDes) serta peraturan-peraturan desa. Termasuk menampung aspirasi dari masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah desa. “Oleh karena itu, BPD juga memiliki tugas penting dalam pembangunan di desa. Termasuk mengakselerasi program-program dari pemerintah,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Buleleng Nyoman Agus Jaya Sumpena mengungkapkan pihak siap memfasilitasi pengukuhan forkom BPD ini. Namun, sebelumnya forkom ini disahkan terlebih dahulu oleh Bupati juga. Setelah disahkan baru dilakukan pengukuhan. Sehingga, forkom bisa bekerja sebagai wadah dari BPD se-Kabupaten Buleleng. “Forkom BPD ini juga siap untuk melaksanakan apa yang menjadi program bapak bupati di masing-masing desa,” ungkapnya. (prd)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update