Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mencuat Dukungan Kuat Dari Para Tokoh Desa Penarukan Kepada Ajik Dewa Arta Menjadi Bendesa Adat

Kamis, 14 April 2022 | April 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-14T06:02:58Z


Buleleng,Intelmediabali.id-


Kandidat Kuat Calon Bendesa Adat Penarukan Mengkrucut, Pemilihan dan Penetapan segera Dilaksanakan sedangkan Irama penetapan Calon Kuat Bendesa Adat Panarukan Desa Panurukan Buleleng nampaknya segera menemui titik terang.

Hal ini ditandai dengan berkumpulnya kembali empat Kelian Banjar dan para pihak terkait dalam upaya menyimpulkan kepastian dukungan dan juga penetapan siapa yang akan diusung sebagai Klian Bendesa Adat Desa Pekraman Penarukan.

Sebagai salah satu pihak yang diusung adalah muncul nama kuat yakni Kombespol (purn) Dewa Putu Artha. Tokoh yang malang melintang dalam korps Bhayangkara dan juga memiliki pergaulan yang luas dipandang mampu membesarkan Desa Adat Penarukan.

Rapat yang digelar secara sederhana disebuah resto 2x ini tepatny di bdelod resto penarukan pada Pada 10 April 13 April  2022 kemaren menghasilkan kesepakatan bersama yang akan di jadikan acuan di Paruman desa Dimana pertemuan penting ini dihadiri 27 tokoh tokoh masyarakat dan tokoh tokoh agama dan empat kelian Banjar ditambah pertemuan ke 2 dari banjar yang belum menghadiri pertemuan pertama

Dalam kesempatan itu secara khusus mendengar Visi dan misinya Dewa Putu Artha kedepannya, salah satunya adalah membuat kremasi di Penarukan tujuan membuka lapangan pekerjaan bagi warga dan Krama Adat.


Selain itu juga tokoh desa penarikan yang juga pensiunan korps Bhayangkara ini juga menyampaikan Akan mensejahteraan pemangku kayangan tiga penarukan ( pemangku pure desa, pure dalem dan pemangku pure segara ) ada 6 pemangku dengan cara mengansuransikan mereka mengingat pengabdiannya kepada masyarakat adat selain itu guna kepentingan piodalan piodalan di kayangan tiga dan keperluan yang lain.

Adapun dalam memanfaatkan asset desa adat dananya akan menjadi utuh jika ada sumber dari kremasi tersebut. Dan dengan anggaran yang tersimpan nantinya bisa menciptakan layanan kesehatan sekelas rumah sakit dipenarukan.

Disisi lain selaku advokat, pihaknya juga akan melakukan advokasi dan konsultasi gratis bagi masyarakatnya yang kurang mampu di wilayah desa Pekraman Penarukan.

"Siapapun yang menjadi kelian desa Yang nantinya membuat tercela menyeleweng kan dana baik dana dari kontrakan tanah, dana bantuan bantuan dari pemerintah, bantuan bantuan dari partai maupun bantuan bantuan yang lain kalau di selewengkan dgn memperkaya dirinya diatas 100. 000.( seratus ribu rupiah) dia supaya 7 keturunan tidak menemui kebaikan / kebahagiaan dalam Keluarganya," Ujar Tokoh Masyarakat Dewa Putu Artha yang juga Mantan Wakapolres Buleleng itu.


Untuk diketahui bahwa Poin poin pertemuan kepedulian para tokoh akan menjadi bahan acuan pada paruman ,dengan agenda pemilihan bendesa adat mensikapi polemik yang berkepanjangan di desa adat penarukan.


Meski saat ini mengerucut beberapa nama yang diajukan oleh masing masing Klian Banjar namun saat ini beberapa pihak masih berkomunikasi secara intensif guna menetap Klian Bendesa.

Kebulatan 6 Klian Banjar ini dimaksudkan agar terpilih sebuah nama Sebagai figur kuat dalam mengemban amanah sebagai Klian Bendesa Adat Desa Pekraman Penarukan yang memiliki Krama dan aset yang saat ini masih terbengkalai pengurusannya selama beberapa bulan sehingga dipandang perlu para pihak duduk bersama guna melakukan kesepakatan untuk segera memilih dan menetapkan siapa Bendesa adat nantinya.


Meski saat ini empat Klian Banjar sudah menetapkan satu nama yang akan diajukan sebagai figur yang dipandang mampu mengembang amanah ini, Yakni Kombespol (Purn) Dewa Putu Artha SH namun pihaknya masih menunggu 2 Klian Banjar lagi sehingga pemilihan dan penetapannya sebagai pihak yang dicalonkan secara bulat akan menerima aspirasi empat Klian Banjar yang sudah menetapkan pilihannya.

" Kalau tiang 1 Banjar saja tidak mencalonkan saya tidak akan mau, kenapa karna tiang mempunyai tekad untuk Ngayah Maka itulah visi dan misi tiang harus klop 6
Banjar mendukungnya dengan moto Sagalik segalung Salulung sabayantaka," terangnya kepada Media.

Ajik Dewa Arta juga menjelaskan jika nanti di percaya dan mengemban amanah menjadi bendesa adat penarukan ,hal pertama yang dilakukan adalah membuat kremasi di setra adat penarukan untuk kesejahteraan bersama

' Berapa banyak nanti lapangan kerja yang terserap ,dan banyak hal positif yang bisa dirasakan ,kalau tidak ada dana ,saya talangi duluan ' Imbuh nya .

Lebih lanjut ditambahkan ' Segala sesuatu polemik yang terjadi di desa adat selama ini adalah bukti bahwa leluhur dan ida bhatara tidak merestui ,untuk itu saya terpanggil karna desakan tokoh tokoh yang menginginkan tiang membenahi polemik yang lama terjadi ' Pungkas Putra asli penarukan ini .


Pertemuan yang digelar secara informal itu dimaksudkan guna menyikapi keluhan para Krame yang meminta agar segera dilakukan penetapan Klian Bendesa Secara definitif sehingga urusan administrasi dan adat tidak terbengkalai oleh terkatung katungnya proses pemilihan Bendesa Adat Desa Pekraman Penarukan.

diantara yang disorot oleh para tokoh masayarakat adalah sewa kontrak aset desa ,dan kondisi LPD desa adat Penarukan karena adanya pemblokiran ,polemik berkelanjutan dengan dualisme bendesa adat .

Adapun agenda selanjutnya pada 17 April 2022 para pihak terkait direncanakan akan segera melakukan pemilihan dimaksud secara musyarakah mufakat didampingi MDA Kabupaten dan Pihak terkait lainnya. (red)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update