Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Vicon Pimpinan Kapolri Dengan Mentri BUMN RI, Derut Pertamina Antisipasi Kelangkaan BBM

Jumat, 08 April 2022 | April 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-08T11:13:36Z



Karangasem,Intelmediabali.id-

Bertempat di Aula Dhira Brata Polres Karangasem,Jumat (08/04/22)  Kapolres Karangasem AKBP Ricko A.A. Taruna, S.H.,S.I.K.,M.H.,M.M., dan dihadiri seluruh Pejabat Utama Polres Karangasem mengikuti kegiatan vicon yang dipimpin  Kapolri, Mentri BUMN RI dan Dirut Pertamina, dengan agenda antisipasi kelangkaan BBM.

Adapun rangkaian kegiatan vicon Arahan Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo, M.Si, antara lain sbb : 
1. Bahwa telah terjadi  Kelangkaan BBM di Indonesia maka Polri tidak akan segan dan tidak pandang bulu untuk memberikan tindakan tegas kepada pihak siapapun yang melakukan pelanggaran hukum dan penyalahgunaan terkait dengan BBM.
2. BBM saat ini terjadi kelangkaan salah satunya karena harga minyak mentah dunia terjadi peningkatan, hal ini karena masalah perang negara Rusia dan Ukrania yang berdampak terhadap harga minyak dalam negeri.
3. Terjadi kenaikan harga solar subsidi dan solar industri dengan selisih harga sampai 12.750/liter, berdampak terjadinya permasalahan dilapangan termasuk produksi batubara dan nikel.
4. Komoditas industri saat ini terjadi peningkatan sehingga membutuhkan stok BBM yaitu sampai terjadi kenaikan mencapai 14% terutama kebutuhan solar industri.
5. Segera lakukan langkah - langkah preventif dan langkah penegakan hukum untuk mengantisipasi kelangkaan BBM di daerah yang terjadi kerawanan di Indonesia

Arahan Direktur Utama Pertamina an.Nicke Widyawati terkait upaya normalisasi penyaluran solar subsidi maupun non subsidi,antara lain sbb :
1. Menambah pasokan Solar ke SPBU secara selektif baik Solar Subsidi maupun Non Subsidi.
2. Peningkatan pengawasan penyaluran Solar Subsidi bekerjasama dengan BPH Migas, Pemda, dan aparat keamanan.
3. Penangkapan penyelewengan Solar Subsidi sebagai tindak lanjut atas komunikasi yang intens antara Pertamina dengan aparat keamanan.
4. Meminta dukungan Pemda untuk menerbitkan aturan yang ketat untuk penyaluran Solar Subsidi, sembari menunggu penerbitan SK BPH Migas yang merupakan turunan dari Perpres 191/2014 terkait dengan kriteria pengguna Solar Subsidi.
5. Untuk beberapa lokasi yang kuota Solar Subsidi nya sudah sangat tinggi, dilakukan pengalihan kuota dengan penambahan 19 SPBU (dari 6.113 SPBU menjadi 6.132 SPBU) menjual Solar Subsidi guna memecah antrian.
6. Penambahan dispenser Solar di SPBU dan penambahan mobil tanki PTO khususnya didekat lokasi SPBU yang berada di wilayah pertambangan.
7. Optimalisasi penggunaan Digitalisasi SPBU untuk memantau SPBU yang mengalami stok kritis untuk menjadi prioritas pengiriman BBM serta untuk monitoring transaksi Solar Subsidi yang tidak wajar.

Selesai vicon dari Kapolri kemudian Kapolres Karangasem menekankan kepada seluruh PJU agar mempedomani dan melaksanakan penekanan Kapolri dalam mengantisipasi kelangkaan BBM diwilayah hukum Polres Karangasem. 

"Lakukan pengawasan terhadap SPBU cegah adanya penyimpangan penggunaan BBM subsidi ke Industri yang akan menambah kelangkaan BBM," tutup Kapolres Karangasem.(Humas/JC81)
×
Berita Terbaru Update