Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Babinsa Koramil 01/Buleleng dan Bhabinkamtibmas Bantu Pecalang Pengamanan Upacara Pitrayadnya Warga Banyualit,

Selasa, 07 Juni 2022 | Juni 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-07T01:06:15Z


Buleleng,Intelmediabali.id-

Babinsa Ramil 1609-01/ Buleleng Peltu Gusti Putu Sukadana bersama Bhabinkamtibmas Aipda Kadek Sudarta Membantu Pengamanan Rute pemberangkatan jenasah Keluarga Almarhum dalam Kegiatan Upacara Pitrayadnya.(Ngaben) Alm Ketut Ketut Deres.


Kegiatan bertempat di jalan Wingin Banjar Dinas Banyualit desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng.

Menurut Made Toyo, keluarga Almarhum meninggal Karena Sakit dan di kremasi di setra Desa Adat Anturan kecamatan Buleleng.

Tujuan Ngaben adalah ritual yang dilakukan untuk mengembalikan Roh leluhur ke tempat asalnya. Ngaben dalam bahasa Bali berkonotasi halus di sebut pelebon. Pelebon berasal dari kata lebu yang artinya Prahtiwi atau tanah. Jadi artinya pelebon menjadikan prathiwi (abu). Untuk menjadikan tanah itu ada dua cara yaitu dengan cara di bakar (kremasi)/Ngaben dan mengubur ke dalam tanah.

Di tempat berbeda Danramil 01/Bll Kapten inf Wayan Nada mengatakan pada awak media "Sebagai anggota babinsa harus selalu ada di tengah tengah masyarakat untuk membantu warga yang kesulitan dan memberikan solusi, tentunya tidak pernah lepas dari tiga pilar, yaitu kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.(JC81)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update