Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peran SIPANDU BERADAT Gelar Rapat Rencana Pengamanan Piodalan di Pura Lempuyang

Sabtu, 04 Juni 2022 | Juni 04, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-04T10:42:01Z



Karangasem,intelmediabali.id-


Polsek Abang, dalam rangka upacara piodalan di Pura Lempuyang Forkopimcan Abang dalam wadah SIPANDU BERADAT melakukan rapat bertempat di Balai Pesandekan Parkir Kemuda Banjar Dinas Purwayu Desa Tribuana Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Sabtu, 04/6/22

Hadir dalam pertemuan tersebut Kapolsek Abang AKP I Kadek Suadnyana, S.H., Ps. Danramil Abang Kapten Inf I Wayan Suatma, Camat Abang Artha Negara, S.STP, Kepala Puskesmas Abang 1 dr. I Komang Suwirta, Bendesa Adat Purwayu I Nyoman Jati, Perbekel Tribuana I Nyoman Kerti, Ketua Pecalang I Made Madya dan anggota, Ketua Orari Lokal I Gede Bendesa Mulyawan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Tribuana 

Adapun kegiatan pertemuan Sipandu Beradat untuk mengumpulkan data potensi gangguan Kamtibmas dalam pelaksanaan upacara piodalan di Pura Lempuyang yang meliputi Laka lantas, Macet lalin, Curat, Curas, Anggota Keluarga tersesat, Kebakaran, Terpapar covid dan Alternatif parkir karena banyaknya pemedek atau umat yang akan melaksanakan persembahyangan ke Pura Lempuyang.

Kapolsek Abang selaku pembina kamtibmas di Kecamatan Abang menyampaikan bahwa keberadaan Sipandu Beradat ini merupakan program dari Bapak Gubernur Bali untuk bersama-sama menjaga adat dan tradisi Bali agar tetap ajeg. 

Pecalang sebagai garda terdepan di Desa Adat yang nantinya berperan sangat penting dalam mencegah berbagai macam bentuk gangguan yang disebut dengan Panca Baya dan Dasa Baya kemudian didukung oleh unsur pengaman lainnya seperti Kepolisian dan TNI. 

"Dalam hal ini sistem komunikasi perlu  kita bangun seluas mungkin guna bersama-sama mewujudkan keamanan terutama saat Karya di Pura Lempuyang dilaksanakan," ucap AKP I Kadek Suadnyana, S.H

Adapun rekomendasi dari pertemuan Sipandu Beradat yaitu gatur lalin oleh Kepolisian, pengamanan keluar masuk pemedek di areal Pura oleh pecalang, informasi orang tersesat dibantu oleh Orari, lokasi alternatif parkir penuh oleh perhubungan, team kesehatan membantu dalam pelayanan kesehatan pemedek. 

"Dengan persiapan dimulai dari awal saya berharap kegiatan upacara piodalan di Pura Lempuyang dapat berjalan dengan aman dan lancar tutup Kapolsek Abang.

(Humas/jc81)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update