Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Danramil Bersama Camat dan Pegawai Puskesmas Gelar Rapat Mini Loka Karya Tentang Stunting

Jumat, 22 Juli 2022 | Juli 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-22T04:37:29Z




Buleleng, Intelmediabali.id-

Bertempat di kantor kecamatan Buleleng Danramil 01/Bll bersama camat dan pegawai Puskesmas melaksanakan rapat mini loka karya dalam rangka tumbuh kembang anak di wilayah kecamatan Buleleng.

Mengutip dari Buletin Stunting yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, stunting adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya.

Mudahnya pengertian  stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya dan memiliki penyebab utama kekurangan nutrisi.

Banyak yang tidak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan tubuh si kecil. Hanya saja, perlu diingat bahwa anak pendek belum tentu stunting, sedangkan anak stunting pasti terlihat pendek.

Anak masuk ke dalam kategori stunting ketika panjang atau tinggi badannya menunjukkan angka di bawah -2 standar deviasi (SD). Terlebih lagi, jika kondisi ini dialami anak yang masih di bawah usia 2 tahun dan harus ditangani dengan segera dan tepat.

Penilaian status gizi dengan standar deviasi tersebut biasanya menggunakan grafik pertumbuhan anak (GPA) dari WHO.

Tubuh pendek pada anak yang berada di bawah standar normal merupakan akibat dari kondisi kurang gizi yang telah berlangsung dalam waktu lama.

Hal tersebut yang kemudian membuat pertumbuhan tinggi badan anak terhambat sehingga mengakibatkan dirinya tergolong stunting.

Namun, anak dengan tubuh pendek belum tentu serta merta mengalami stunting. Kondisi ini hanya terjadi ketika asupan nutrisi harian anak kurang sehingga memengaruhi perkembangan tinggi badannya.

Camat Buleleng,diwakili Kasisosial Ni Ketut Suryaniti. mengatakan tujuan dilakukannya Rapat Minilokarya tingkat kecamatan ini agar nantinya bisa mengawal dan menekan kasus stunting yang ada di kecamatan Buleleng sehingga data data yang ada antara Kecamatan dan BKKBN sama,


Mandayani Kabid KB memaparkan tentang data data stunting yang ada di Kabupaten Buleleng dan Juga yang ada di kecamatan agar nantinya kasus kasus kedepannya bisa dikawal dan juga bisa ditekan agar sehingga pada tahun 2024 sudah bisa di turunkan serta perlu pengawalan kasus kasus yang ada di Wilayahnya.


Danramil 01/Bll kapten inf Wayan mengatakan " Pertumbuhan anak harus mendapatkan perhatian khusus baik dari orang tua maupun pemerintah" jelasnya 


Ditekankan Danramil , Karena si anak merupakan aset masa depan sebagai generasi penerus bangsa ini. Untuk itu siapkan secara dini baik dari calon ibu dan ayah harus sehat. Dan tentunya perlu edukasi ke pada para calon orang tua.(JC81) 

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update