Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Babinsa Koramil.1609-01/Buleleng Pantau Acara Parade Ngoncang

Jumat, 24 Maret 2023 | Maret 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-24T03:58:57Z





Buleleng, Bali - Babinsa Kel Paket Agung Serka Ketut Wirawan Santosa melaksanakan pemantauan kegiatan Parade Ngoncang.
Tradisi menumbuk padi pada lesung (Ketungan) atau yang lebih dikenal dengan istilah ngoncang, menjadi salah satu tradisi yang dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat Bali.bertempat di Balai Masyarakat ,Kamis (23/03) 

Kegiatan Ngoncang diartikan sebagai kegiatan adat yang dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari enam hingga delapan orang dalam satu kelompok. Dimana orang tersebut melakukan aktivitas memukulkan alu kedalam ketungan.
Melalui pukulan Alu ke dalam ketungan itu, akan menimbulkan sebuah irama yang indah. Mengingat, dalam memukulkan alu, dilakukan secara bergantian, sesuai dengan aturan, walaupun memang aturan tersebut tidak tertuang secara tertulis.

Disela sela acara sekretaris desa adat Buleleng Putu Mahedra mengatakan tradisi Ngoncang 
Sejak dulu hingga kini masih terus terpelihara dengan baik. Tradisi ngoncang ini dikenal sebagai simbol kebersamaan dan keharmonisan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia dan manusia dengan lingkungannya, sesuai dengan yang tertuang dalam ajaran Agama Hindu yakni Tri Hita Karana. Seiring dengan berjalannya waktu, kini tradisi ini pun semakin jarang ditemui di Masyarakat.Selain Parade Ngoncang juga dilakukan pengundian Kupon Berhadiah dalam rangka penggalangan Dana STT Hita Mandala Banjar Paketan.

Hadir dalam kegiatan Kadis Kebudayaan I Nyoman Wisandika
Kadis Kesehatan dr SuciptoKadis Sosial,Plt Lurah Paket Agung Md Jonik Ariningsih S.H, Sekertaris Desa Adat Buleleng Putu Mahendra, Babinsa Kel Paket Agung Kt  Wirawan Santosa
Kelian Banjar Adat Banjar PaketanKetut Purnawan, Babinkamtibmas Aiptu Ketut Seriasa , Kaling Banjar Paketan Nym Kayendra, Kaling Bale Agung(Nyoman Rai Mas Pecalang,Ketua Rt,Peserta Ngoncang,dan Warga Masyarakat

Di tempat berbeda Danramil 01/Buleleng mengatakan " Babinsa harus selalu hadir di setiap kegiatan di wilayah binaan masing masing. Dan harus dekat dengan warga, sehingga tugas pokok dapat berjalan dengan baik." Jelasnya .(Imam Heru )

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update