Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wakili Danramil Busungbiu , Babinsa Hadiri Penilaian Dan Pembinaan Balaganjur

Sabtu, 13 Mei 2023 | Mei 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-13T06:09:16Z



Buleleng ,Bali - Rangkaian penilaian dan pembinaan sekaa Baleganjur Alangen Adhimukti Desa Busungbiu digelar Jumat (12/05)

Dengan mengusung tema Pasihan Magelung dalam rangka Wimbakara Baleganjur Pesta Kesenian Bali ke XLV thn 2023 bertempat diKantor Camat Busungbiu


Hadir dalam kegiatan Tim 9 pembina PKB dari Prov. Bali, Anggot DPRRI Kt. Kariasa Adnyana,Sp., Pj Bupati diwakili oleh Kadis Kebudayaan Kab. Buleleng Drs. I Nyoman Wisandika, . DPRD kab. Buleleng Nyoman Sukarmen Camat Busungbiu Gede Kurniawan, S.STP.
Kapolsek Busungbiu diwakili Wakapolsek Busungbiu, Iptu Kt. Wijana
Danramil Busungbiu diwakili oleh Babinsa Busungbiu, Perbekel Kt. Suartama dan Bendesa , Jro Gd. Yasa


Dalam Sambutanny Bendesa Adat menyampaikan selamat datang kepada para juri dan para undangan semoga kegiatan berjalan lancar

Sementara itu Paparan/sipnopsis dari perwakilan (Konseptor) sekaa baleganjur menyampaikan kepada para juri tentang makna Pasihan Magelung yg dijadikan tema dari sekaa baleganjur Ds. Busungbiu yg mana dimaknai sebagai kekuasaan dari penguasa segara (Lautan) Ratu Dalem Segara, yg mana desa yg terletak diantara lautan dan gunung.dimana kata pasihan diambil dari pe-asihan yg berarti kasih sayang dan magelung merupakan nama asli dari desa Busungbiu.

Hal senada disampaikan Tim 9 PKB Bali
Menurutnya , Terkait penampilan baleganjur pd intinya menyampaikan mengapresiasi penampilan baleganjur ds. Busungbiu sudah lengkap dari tarian,musik baleganjur dan ekpresi dan diharapkan sesuai dg kriteria yg ada.


Selain itu disampaikan teknis labih latihan ditehnik pukul gambelan yg kurang kuat, power( stamina ) sdh melemah ditengah-tengah penampilan, teknik garap penampilan masih main tempo sedang,disetiap sajian disajikan masih putus-putus.


" Terkait dg teknik memukul dan memegang isntrumen kurang sama, suara baleganjur (kendang) lebih dilatih, dari segi pakaian agar tdk menghambat dlm bergerak,komposisi masih banyak bisa diolah. Dan terkait level ceceng,kendang, reong dimohonkan dilatih lagi , pd saat vocal dimaksimalkan lagi, teknik ditingkatkan.
Terkait kriteria diharapkan jgn dilanggar,kuatkan wirama, wiraga dan wirasa dan Taksu." Urainya

Anggota DPRRI Kt. Kariasa Adnyana,Sp.pd menyampaikan apresiasi sekaa Balaganjur Alangen Adhimukti dan memberi saran agar lebih semangat lagi, lebih giat berlatih dan metaksu dan jaga kesehatan serta memberikan bantuan sebesar Rp. 10.000.000 .(07/Busungbiu /Ihd)

-

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update