Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ibadah Tumpek Landep Bagi Umat Hindu Yonif Mekanis 741/GN

Sabtu, 03 Juni 2023 | Juni 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-03T10:17:28Z



Jembrana-Dalam rangka merayakan Hari Raya Tumpek Landep Yonif Mekanis 741/GN melakukan kegiatan penyucian terhadap barang yang terbuat dari logam hal ini memang perlu dilakukan karena akan memberikan perlindungan terhadap pemakai baik dari kendaraan maupun senjata khususnya umat Hindu di Yonif Mekanis 741/GN. Sabtu (03/05/2023)

Diperingati setiap 6 bulan sekali menurut penanggalan Bali, Hari Raya Tumpek Landep jatuh setiap Saniscara Kliwon Wuku Landep, yaitu setiap 210 hari sekali. Hari Raya Tumpek Landep dapat diartikan sebagai upacara yadnya selamatan terhadap semua jenis alat yang tajam atau runcing serta memohon kepada Bhatara Siwa dan Sang Hyang Pasupati agar semua alat atau senjata tetap bertuah. Bukan itu saja, Tumpek Landep juga memiliki makna menajamkan pikiran.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua umat Hindu Yonif Mekanis 741/GN Lettu Inf Anak Agung Putrawan menyampaikan "Perayaan hari raya tumpek landep bukan hanya mengupacarai alat-alat seperti mobil pribadi atau dinas, sepeda motor dan senjata. Tetapi perayaan hari suci ini sebagai simbol memohon anugerah agar alat-alat tersebut dapat bertuah yang nantinya bermanfaat dan berguna dalam kehidupan sehari-hari dalam melaksanakan Dinas di Militer"

Ketua Umat menyarankan kepada Personel Yonif Mekanis 741/GN khususnya umat Hindu untuk melaksanaan perayaan hari raya tumpek landep pada pagi hari, karena memiliki berkah yang berbeda dengan waktu lainnya. Pihaknya berharap, umat Hindu dapat memaknai hari raya tumpek landep dengan baik serta menjalankannya dengan penuh keikhlasan.(JC81)


Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update