Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wakil Bupati Karangasem, TMMD Memajukan Infrastruktur Dan Mensejahterakan Masyarakat

Selasa, 15 Juni 2021 | Juni 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-15T12:25:13Z






Amlapura,Intelmediabali.id- Upacara Pembukaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 111 Kodim 1623/Karangasem Tahun Anggaran 2021 di Desa Adat Bukit Galah, Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem dilaksanakan di Wantilan UPT Pertanian Kecamatan Selat, Selasa (15/06/2021) dengan tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri".

Acara pembukaan TMMD tersebut diawali dengan paparan Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa selaku Dansatgas TMMD Ke 111 Kodim 1623/Karangasem menerangkan, program TMMD merupakan program TNI AD bidang Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan di setiap komando kewilayahan diantaranya di wilayah Kodim 1623/Karangasem pada Tahun Anggaran 2021. 

Sasaran TMMD Ke 111 Kodim 1623/Karangasem meliputi sasaran fisik pembangunan Jembatan sepanjang 15 meter dan lebar 5 meter, pembuatan bak penampungan air dan pembuatan 2 buah cekdam. 

Untuk kegiatan non fisik meliputi ceramah wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, sosialisasi proses penerimaan Prajurit TNI, penyuluhan bahaya terorisme dan penyuluhan kebencanaan. 

Terkait anggaran TMMD kali  ini Dansatgas menjelaskan sebesar Rp 1.337.000.000,- serta melibatkan 1 Satuan Setingkat Kompi atau SSK sebanyak 150 orang personel.

"Pembangunan jembatan  akan dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 15 Juni sampai dengan 14 Juli 2021", terangnya. 

Di tempat yang sama Wakil Bupati Karangasem Dr. I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H., mengatakan  program Operasi Bakti TNI salah satunya adalah Program TMMD yang dilaksanakan oleh TNI bekerja sama dengan komponen masyarakat dengan membangun wilayah pulau terluar, terpencil dan terisolir dengan tujuan memajukan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat di wilayah. 

"Pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan TMMD yang dilaksanakan Kodim 1623/Karangasem dimana kegiatan ini sangat membantu masyarakat di Bukit Galah yang selama ini akses jalan sangat sulit sehingga pembangunan jembatan penting untuk menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar, selain itu dengan kegiatan non fisik dari TMMD Ke 111 Kodim 1623/Karangasem dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat sekitar baik bidang kesehatan, bela negara,  wawasan kebangsaan dan bidang kesehatan". sebutnya. 

Usai acara pembukaan TMMD ke 111, Wakil Bupati beserta tamu undangan lainya didampingi Dandim 1623/Karangasem melakukan peninjauan lokasi pembangunan jembatan. 

Bendesa Adat Bukit Galah Putu Suyasa sebagai tokoh masyarakat setempat mengucapkan terima kasih atas terealisasinya program TMMD Ke 111 di desanya yang dinilai sangat bermanfaat karena pembangunan jembatan merupakan akses menghubungkan dua desa yaitu Desa Sebudi, Kecamatan Selat dengan Desa Jungutan Kecamatan Bebandem. 

"Jembatan dengan jalan yang sudah ada merupakan fasilitas penghubung bagi kami dari dua desa dari dua kecamatan. Kemudian juga dalam rangka peningkatan perekonomian penjualan hasil pertanian atau perkebunan dan juga pendidikan karena menjadi akses jalan ke sekolah terdekat", tuturnya. 

Selaku tokoh adat, dirinya mengajak seluruh warga masyarakat setempat untuk bahu membahu saling membantu bersama TNI dalam hal ini Kodim 1623/Karangasem selalu satuan tugas untuk menyukseskan dan menuntaskan semua program sasaran yang sudah direncanakan. 

Sejumlah undangan hadir pada kesempatan upacara pembukaan TMMD Ke 111 ini diantaranya Kasiter Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Drs. Iwan Sopwan, Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta, ST., MT., Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, S.I.K., Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, ST, Kajari Karangasem H. Kalbu Pribadi, S.H., Ketua Pengadilan Negeri Karangasem I Wayan Suarta, S.H., Kadis PMD Kabupaten Karangasem, I Nengah Mindra, SE.,MM, Kadis PUPR Kabupaten Karangasem, I Nyoman Sutirta Yasa, ST.,MT, Ketua Bapelitbang Kabupaten Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah, Kepala BPKAD Kabupaten Karangasem, I Wayan Purna, S.sos., Camat Bebandem Dra. Gusti Ayu Wija Sri Anjani, Camat Selat I Nengah Danu,  S.sos., MAP., Kapolsek Selat AKP Bambang Harianto, SH, Kapolsek Bebandem AKP I Wayan Gede Wirya, MAP, Perbekel Desa Sebudi Nyoman Tinggal, Perbekel Jungutan I Nyoman Waskita, Bendesa Adat Desa Sebudi I Putu Suyasa, dan tamu undangan lainnya.(RED/Penrem)

Tidak ada komentar:

×
Berita Terbaru Update